PENGARUH KEPERCAYAAN, KEPUASAN, DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN MABRUR BSI KCP CILACAP DIPONEGORO

Idzati, Nanda Sari (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN, KEPUASAN, DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN MABRUR BSI KCP CILACAP DIPONEGORO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Idzati Nanda Sari_ 1817202021_PENGARUH KEPERCAYAAN, KEPUASAN, DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN MABRUR .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perkembangan ekonomi sebagai dasar pembangunanan di Indonesia. Salah satu faktornya adalah munculnya lembaga keuangan dalam bentuk perbankan syariah. Bank Syariah Indonesia harus mampu meningkatkan sektor pembanguanan ekonomi di Indonesia, dengan meningkatkan pengembangan strategi dalam memahami apa saja faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh kepercayaan, kepuasan dan komitmen terhadap loyalitas nasabah pada produk tabungan mabrur BSI KCP Cilacap Diponegoro. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. ditujukan kepada nasabah tabungan mabrur BSI KCP Cilacap Diponegoro. Populasi Dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan mabrur BSI KCP Cilacap Diponegoro yang berjumlah 1.215 Nasabah, dengan sampel yang ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat standar eror 10% dengan memperoleh hasil 92 nasabah sebagai sampel, namun dibulatkan menjadi 100 nasabah. Dalam penelitian ini menggunakan alat analisis yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis yang dalam penelitian ini menggunakan uji T dan uji F. Hasil pengujian menggunakan perangkat olah data IBM SPSS Statistik v26 yang menunjukkan bahwa variabel kepercayaan dan kepuasan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah tabungan Mabrur BSI KCP Cilacap Diponegoro. Sedangkan variabel komitmen berpengaruh terhadap kualitas nasabah tabungan mabrur BSI KCP Cilacap Diponegoro. Dengan hasil penelitian Uji T yang menunjukkan nilai signifikansi untuk komitmen (X2) terhadap loyalitas nasabah (Y) sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 (0,002 < 0,05) dan nilai Thitung lebih besar dari Ttabel yaitu 3,116 > 1,985. Hasil penelitian dari uji F pada variabel kepercayaan, kepuasan dan komitmen memiliki koefisien sebesar 9,156 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa secara simultan kepercayaan kepuasan dan komitmen mempunyai pengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kata Kunci : Kepercayaan, Kepuasan, Komitmen, dan Loyalitas Nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan,Kepuasan,Komitmen, dan Loyalitas Nasabah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Idzati Nanda Sari sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:29
Last Modified: 31 Jan 2023 02:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17636

Actions (login required)

View Item View Item