Analisis Simpan Pinjam Pada KUD Karya Mina Terhadap Pengembangan Usaha Ikan Laut Kelurahan Tegalsari

Nadhia Marsa, Alfiana (2023) Analisis Simpan Pinjam Pada KUD Karya Mina Terhadap Pengembangan Usaha Ikan Laut Kelurahan Tegalsari. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nadhia Marsa Alfiana_Analisis Simpan Pinjam Pada KUD Karya Mina Terhadap Pengembangan Usaha Ikan Laut Kelurahan Tegalsari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Koperasi merupakan wadah dimana kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok tergabung sedemikian rupa. Sehingga melalui kegiatan kelompok, kepentingan pribadi para anggota menjadi kekuatan pendorong yang memberikan manfaat bagi seluruh anggota kelompok tersebut. Dengan dilakukannya usaha�usaha tersebut membuat para anggota koperasi menjadi hidup sejahtera, karena mereka dapat merasakan dan menggunakan fungsi dari Koperasi Unit Desa secara keseluruhan. Koperasi Unit Desa Karya Mina merupakan salah satu koperasi primer yang berada di Kota Tegal. Unit Simpan Pinjam memiliki peran yang cukup besar dalam pemenuhan permodalan karena salah satu tujuan Koperasi Unit Desa Karya Mina untuk mensejahterakan angotanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Peran Koperasi Unit Desa Karya Mina dalam membantu Usaha Ikan Laut sudah tergolong baik dibuktikan dengan membantu memenuhi kebutuhan masyararakat yang bekerja di sektor perikanan melalui pinjaman dengan syarat yang mudah dan angsuran yang cukup ringan. Tetapi, dalam aspek financial perspective belum terlihat memiliki peran karena pelaku Usaha Ikan Laut belum melakukan pencatatan laporan keuangan dari sebelum mendapat pinjaman dan setelah mendapat pinjaman. Koperasi Unit Desa Karya Mina sudah terlibat langsung dalam kegiatan sosial di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Usaha Ikan Laut, KUD Karya Mina Kota Tegal, Analisis Pinjaman
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadhia Marsa Alfiana sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:18
Last Modified: 31 Jan 2023 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17598

Actions (login required)

View Item View Item