PENGGUNAAN METODE DEMOSNTRASISEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA DI KELAS IV COKROAMINOTO 2 BONDOLHARJO PUNGGELAN BANJARNEGARA TH PEL 2013-2014

Nur’aeni, 1123306105 (2014) PENGGUNAAN METODE DEMOSNTRASISEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA DI KELAS IV COKROAMINOTO 2 BONDOLHARJO PUNGGELAN BANJARNEGARA TH PEL 2013-2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
NUR'AENI_PENGGUNAAN METODE DEMOSNTRASISEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA DI KELAS IV COKROAMINOTO 2 BONDOLHARJO PUNGGELAN BANJARNEGARA TH PEL 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (684kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi observasi yang dilaksanakan di kelas IV MI Cokroaminoto 2 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara diperoleh data bahwa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan atau materi tentang gaya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dan nampak bahwa hasilnya dari 18 siswa baru 8 siswa saja yang tuntas, dengan nilai rata-rata 65,8 artinya masih banyak yang belum tuntas dalam belajarnya dan terlihat tidak aktif dalam proses belajarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitiaan ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA Materi Gaya di Kelas IV MI Cokroaminoto 2 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Dari pembahasan sebagaimana di atas, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demosntrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya di kelas IV MI Cokroaminoto 2 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Peningkatan prestasi tersebut dapat dilihat dari hasil setiap siklusnya sebagai berikut : studi awal, siswa yang telah tuntas sebanyak 8 siswa dari 18 siswa atau sebesar 44,44%.Siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa dari 18 siswa atau sebesar 55,56%.Siklus I, siswa yang telah tuntas dalam belajarnya sebanyak 15 siswa dari 18 siswa atau sebesar 83,33%. Siswa yang belum dapat tuntas dalam belajarnya sebanyak 3 siswa dari 18 siswa atau sebesar 16,37%. Siklus II, siswa yang telah tuntas dalam belajarnya sebanyak 18 siswa dari 18 siswa atau sebesar 100%. Sedangkan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 0 siswa dari 18 siswa atau sebesar 0%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penggunaan metode demosntrasi, peningkatan prestasi belajar, dan pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 01 Dec 2016 06:04
Last Modified: 01 Dec 2016 06:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1759

Actions (login required)

View Item View Item