PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF NU 01 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Nur, Rahmawati (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF NU 01 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Syaifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NUR RAHMAWATI 1817407067 SKRIPSI .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Kemampuan penalaran matematis adalah kemampuan menganalisis, menggeneralisasi, mensintesis atau mengintegrasikan, memberikan alasan yang tepat dan menyelesaikan masalah yang tidak rutin. Pentingnya kemampuan penalaran matematis sangat berpengaruh dengan proses pembelajaran matematika. Dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, diperlukan model pembelajaran yang dapat melatih daya penalaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII MTs Ma’ari NU 01 Cilongok Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ma’ari NU 01 Cilongok Kabupaten Banyumas yang berjumlah 191 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 63 siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII MTs Ma’ari NU 01 Cilongok Kabupaten Banyumas. Berdasarkan hasil skor N-Gain menunjukkan skor N-gain kelas eksperimen mendapatkan rata-rata 0,485 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol mendapatkan rata-rata 0,283 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil uji t independen bahwa sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05, maka menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle 7E berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci: Lerning cycle, Kemampuan Penalaran Matematis, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lerning cycle, Kemampuan Penalaran Matematis, Matematika
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nur Rahmawati
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:16
Last Modified: 17 Feb 2023 03:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17588

Actions (login required)

View Item View Item