Pengaruh Pengalaman Berbelanja dan Kemudahan Transaksi Terhadap Minat Beli Ulang Pada Aplikasi Tokopedia dengan Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Generasi Z di Purwokerto)

Fitrothul, Khusna (2023) Pengaruh Pengalaman Berbelanja dan Kemudahan Transaksi Terhadap Minat Beli Ulang Pada Aplikasi Tokopedia dengan Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Generasi Z di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Fitrothul Khusna_Pengaruh Pengalaman Berbelanja dan Kemudahan Transaksi Terhadap Minat Beli Ulang Pada Aplikasi Tokopedia dengan Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Intervening.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gap research yang terjadi pada penelitian Arinza (2021) yang menyatakan bahwa pengalaman berbelanja tidak dapat memberikan pengaruh terhadap minat beli ulang. Hal tersebut juga bertentangan dengan teori dari hasil penelitian Hariadi (2021)yang menyatakan bahwa semakin baik pengalaman berbelanja yang dialami seseorang maka akan semakin tinggi minat beli ulang seseorang. Hal ini membuktikan bahwa masih terdapat kesenjangan hasil penelitian satu dengan yang lainnya, oleh karena itu peneliti menitik beratkan penelitian ini sebagai pengembangan penelitian sebelumnya dengan menggunakan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening antara pengalaman berbelanja dan kemudahan transaksi terhadap minat beli ulang di Aplikasi Tokopedia pada Generasi Z khususnya di Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan ialah dengan pendekatan kuantitatif. Data primer dari populasi yaitu generasi Z yang ada di Purwokerto yang pernah menggunakan aplikasi Tokopedia dengan sampel sebanyak 385 responden. Pengubahan data ordinal ke data interval dibantu dengan metode suksesif interval (MSI), yang kemudian dilanjutkan dengan teknik analisis datanya dengan metode analisis jalur (path analysis) dan uji sobel dengan alat bantu SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman berbelanja dan kemudahan transaksi berpengaruh secara parsial terhadap kepercayaan konsumen. Selanjutnya pengalaman berbelanja dan kemudahan transaksi berpengaruh secara parsial terhadap minat beli ulang dan kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Selain itu, hasil uji sobel menunjukkan bahwa pengalaman berbelanja berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening sedangkan kemudahan transaksi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengalaman Berbelanja, Kemudahan Transaksi, Kepercayaan Konsumen, Minat Beli Ulang
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitrothul Khusna
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:12
Last Modified: 31 Jan 2023 02:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17576

Actions (login required)

View Item View Item