MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KEMAMPUAN SOSIAL PADA SENTRA PERAN DI PAUD KB PELITA INSANI KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA

Nahdiyatun, Maslichah (2023) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KEMAMPUAN SOSIAL PADA SENTRA PERAN DI PAUD KB PELITA INSANI KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NAHDIYATUN MASLICHAH_MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KEMAMPUAN SOSIAL PADA SENTRA PERAN DI PAUD KB PELITA INSANI KEC. MANDIRAJA KAB. BANJARNEGARA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis kemampuan sosial anak pada sentra peran di PAUD KB Pelita Insani Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara di kelas B3. Mulai dari pembelajaran sampai dengan model pembelajaran berbasis kemampuan sosial anak melalui sentra peran yang diterapkan di PAUD KB Pelita Insansi Mandiraja Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan secara kualitatif deskriptif, metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling dengan subjek kepala sekoah, guru dan wali murid. Objek yang dikaji adalah proses atau kegiatan yang dilakukan guru dalam melaksanakan menggunakan model pembelajaran berbasis kemampuan sosial anak usia dini. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan deskripsi tentang penerapan Pembelajaran berbasis kemampuan sosial anak melalui sentra peran: a) Persiapan pembelajaran terdiri dari: penyusunan, prota, promes, RPPM dan RPPH yang dibuat guru setiap minggu, b) Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari beberapa pijakan yakni: pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main dan pijakan setelah main; c) Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan cara evaluasi saat pembelajaran, evaluasi harian serta evaluasi mingguan. Model pembelajaran berbasis kemampuan sosial anak melalui sentra peran di kelas B3 menggunakan 3 jenis kegiatan bermain peran yaitu: a) Bermain peran secara tunggal atau single role playing yakni bermain peran yang dilakukan oleh satu orang saja, dimana pendidik mengantarkan peserta didik bertindak sebagai pengamat sekaligus partisipasi dalam kegiatan bermain peran; b) Bermain peran secara jamak atau multiple role playing, yaitu permainan yang dilakukan secara bersama-sama atau dilakukan lebih dari satu orang sesuai dengan tema yang digunakan; c) bermain peran secara berulangan atau role repetition, yaitu bermain peran yang dilakukan peserta didik secara berulangan atau bergilir bergantian dengan teman yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kemampuan Sosial Anak Usia Dini, Sentra Peran.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nahdiyatun Maslichah
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:11
Last Modified: 31 Jan 2023 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17573

Actions (login required)

View Item View Item