KORELASI ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs MA’ARIF NU 2 KEMRANJEN

Indah Fadliyyah Rakhmawati, 1123301019 (2015) KORELASI ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs MA’ARIF NU 2 KEMRANJEN. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
INDAH FADLIYYAH RAKHMAWATI_KORELASI ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MAPEL SKI DI MTs MA’ARIF NU 2 KEMRANJEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar siswa masih menjadi tolak ukur keberhasilan seorang siswa dalam mengikuti proses pendidikan. Pada penelitian ini peneliti mengupas masalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Keberhasilan belajar seorang siswa secara umum dipengaruhi oleh pemanfaatan perpustakaan, dukungan, arahan, dan motivasi dari orangtua serta guru. Penelitian ini berjudul “Korelasi antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ma’arif NU 2 Kemranjen” yang dilakukan di MTs Ma’arif NU 2 Kemranjen kelas VII dan VIII terdiri dari 6 kelas sejumlah 156 siswa dengan jumlah sampel 101 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik acak, data dikumpulkan dengan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa, wawancara kepada guru SKI dan Petugas Perpustakaan. Untuk menjawab permasalahan secara korelasi dengan menggunakan teknik analisis product moment guna menguji hipotesis penelitian yang didahului dengan penentuan variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent). Dari hasil penelitian ini, diperoleh angka korelasi antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI atau rxy adalah 0,337. Kemudian hasil t hitung dibandingkan dengan t tabel. Untuk kesalahan 5% uji dua pihak dan dk = n – 2 = 101 – 2 = 99, maka diperoleh t tabel = 1,6602. Berdasarkan perhitungan maka dapat dinyatakan Ho yang menyatakan tidak ada korelasi antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah ditolak, dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya koefisien korelasi antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam sebesar 0,337 adalah signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Perpustakaan, Prestasi Belajar, SKI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 01 Dec 2016 04:33
Last Modified: 01 Dec 2016 04:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1757

Actions (login required)

View Item View Item