Makna khitbah dan implikasinya terhadap pergaulan pasca khitbah (Studi di Desa Kawunganten Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap)

Yeni Setyoningsih, 1917302037 (2023) Makna khitbah dan implikasinya terhadap pergaulan pasca khitbah (Studi di Desa Kawunganten Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YENI SETYONINGSIH 1917302037.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

“MAKNA KHITBAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERGAULAN PASCA KHITBAH (Studi di Desa Kawunganten Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap)” Yeni Setyoningsih NIM. 1917302037 Fakultas Syariah, Program Studi Hukum Keluarga Islam UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Abstrak Khitbah sering kali dimaknai dengan sebuah penghalalan hubungan suatu pasangan muda-mudi. Yang mana hal ini berimbas pada pergaulan yang tidak sesuai dengan aturan syariat yang ada. Pergeseran makna ini terjadi seiring dengan perkembangan zaman yang kian modern, sehingga baik laki-laki maupun perempuan dapat dengan mudah untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Bagaimana makna khitbah dan implikasinya terhadap pergaulan pasca khitbah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna khitbah dan implikasinya terhadap pergaulan pasca khitbah di Desa Kawunganten Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ialah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif, yaitu penelitian yang menghasilkan data-data deskripsi baik secara lisan maupun tulisan yang didapat dari pengamatan yang dilakukan terhadap pelaku. Sumber data primer yang diperoleh dalam penelitian ini ialah dari hasil penelitian lapangan yang dilakukan secara langsung di Desa Kawunganten Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap. Sedangkan data sekunder dari penelitian ini ialah berasal dari buku, artikel, karya ilmiah, maupun jurnal yang digunakan sebagai bahan penunjang dari penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data ialah menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan pada masyarakat Desa Kawunganten, terdapat keragaman dari pemaknaan khitbah dan bagaimana pergaulan yang terjadi setelahnya. Hal ini menunjukan bahwa tidak semua masyarakat memahami makna khitbah sebagaimana yang ada dalam aturan syariat, namun tidak sedikit pula yang melarang putra-putrinya untuk bergaul bebas dengan lawan jenis. Kata kunci: Khitbah, Implikasi, Pergaulan, Pasca Khitbah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Depositing User: Yeni Setyoningsih
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:09
Last Modified: 31 Jan 2023 02:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17566

Actions (login required)

View Item View Item