NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERTUNJUKAN WAYANG KULIT PADA TRADISI SEDEKAH BUMI DI DESA KALISALAK KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Shohifatin, Nur Arifin (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERTUNJUKAN WAYANG KULIT PADA TRADISI SEDEKAH BUMI DI DESA KALISALAK KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Shohifatin nur a_skripsi_1817402036 fixs.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pertunjukan wayang kulit dalam tradisi sedekah bumi desa Kalisalak merupakan adat yang dilaksanakan secara turun-temurun setiap tahunnya pada bulan sura sebagai ungkapan syukur terhadap Allah atas limpahan rezeki melalui hasil bumi. Di dalam sebuah pertunjukan wayang kulit tentu sarat dengan nilai-nilai adiluhung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai nilai pendidkan Islam dalam pertunjukan wayang kulit pada tradisi sedekah bumi di desa Kalisalak kecamatan Kebasen kabupaten Banyumas. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menunjukan adanya nilai pendidikan Islam dalam pertunjukan wayang kulit pada tradisi sedekah bumi di desa Kalisalak yaitu nilai akidah yakni mengesakan Allah dan iman kepada Allah. Nilai ibadah yaitu ibadah mahdah adalah sholat serta ibadah ghairu mahdah adalah silaturahmi dan menasehati kebaikan. Ketiga nilai akhlak terdapat dua yaitu akhlak terpuji, akhlak terpuji dibagi dua yakni akhlak terpuji pada diri sendiri yaitu sabar dan rendah hati. Serta, akhlak terpuji pada orang lain yaitu membantu kebaikan, menghormati orang tua, tolong menolong, dan tulus. Kemudian akhlak tercela yakni memfitnah, berbohong, sombong, dan serakah. Kata Kunci: Wayang Kulit, Nilai, Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wayang Kulit, Nilai, Pendidikan Islam.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat > 2x6.94 Adat Istiadat setempat
Depositing User: Shohifatin nur arifin sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:57
Last Modified: 31 Jan 2023 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17500

Actions (login required)

View Item View Item