PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO

Khayatul Khasanah, NIM : 1123302017 (2016) PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
KHAYATUL KHASANAH_PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Metode sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Salah satu metode yang bisa digunakan agar siswa tidak lagi bosan dalam belajar adalah menggunakan metode edutainment. Metode edutainment adalah proses pembelajaran yang lebih menekankan pada sisi hiburan. Edutainment dimaknai sebagai pembelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat dan menikmati proses pembelajaran dalam suasana yang kondusif dan dengan proses pembelajaran yang rileks, menyenangkan, dan bebas dari tekanan, baik fisik maupun psikis. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana dalam penerapan Edutainment proses pembelajaran bahasa Arab di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokerto. Manfaat bagi siswa itu sendiri untuk menimbulkan rasa senang dan gembira pada anak, untuk menghilangkan kejenuhan dalam menerima pembelajaran bahasa Arab. Bagi guru menambah wawasan guru bahasa Arab di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokerto dalam menerapkan Edutainment ketika proses pembelajaran bahasa Arab. Bagi penulis menambah pengalaman dan pengetahuan penulis tentang penerapan Edutainment dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Masalah penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Edutainment dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan penelitianlapangan . Subjek penelitian didapatkan melalui observasi, interview/wawancara dan dokumenatasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Edutainment yang digunakan di Al Irsyad yaitu humanizingtheclassroom, quantumlearning dan quantumteaching. Humanizing classroom guru menggunakan cara memperlakukan siswa sesuaikan karakter masing-masing siswa, membuat pembelajaran menyenangkan dan guru hanya memposisikan siswa sebagai fasilitator.Adapun quantum learning guru menggunakan penerpan musik latar, meningkatkan motivasi siswa dengan menerapkan poster-poster untuk sebagai penyampaian pesan pelajaran, menggunakan semua fasilitas sebagai lingkungan belajar dan menganggap semua siswa sebagai juara. Dan quantum teaching guru bahasa Arab menggunakan cara merayakan setiap hasil kerja keras siswa, memotivasi, mengajari kedisiplinan, dan dengan cara melibatkan semua faktor baik indor atau outdoor sebagai pemberi pesan pelajaran. Kata Kunci: Edutainment, Pembelajaran Bahasa Arab, Humanizing Classroom, Quantum Learning, Quantum Teaching

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:03
Last Modified: 13 Jun 2016 06:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item