PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MI YABAKII KALISABUK 02TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Fatmawati, 102332016 (2014) PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MI YABAKII KALISABUK 02TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
FATMAWATI_Penggunaan Media dalam Pembelajaran Mufradat di MI Ya BAKII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Arab, benda-benda tiruan dan gambar merupakan media yang cukup efektif untuk digunakan, terutama untuk pengenalan mufradat. MI Ya Bakii Kalisabuk 02 Kesugihan Cilacap merupakan salah satu lembaga formal yang menerapkan media dalam pembelajaran mufradat. Di MI tersebut pelajaran bahasa Arab hanya diberikan di kelas IV, V, dan VI. Khususnya untuk pembelajaran pada aspek mufradat hanya ditekankan untuk kelas IV dan V, mufradat menjadi suatu hal yang penting untuk siswa yang baru mengenal dan akan mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu dalam proses penyampaian mufradat menggunakan berbagai macam media pembelajaran agar dapat memberikan pemahaman dan penguasaan terhadap materi mufradat yang diajarkan. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pada aspek mufradat? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan teknik observasi dan wawancara untuk menggali dan menghayati lebih dalam subjek dan objek penelitian secara langsung. Penelitian ini juga menggunakan teknik dokumentasi untuk melengkapi data-data tentang objek penelitian. Objek dari penelitian ini adalah penggunaan media dalam pembelajaran mufradat di MI YaBakii Kalisabuk 02, sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Arab, siswa kelas IV dan V, serta kepala sekolah. Media yang digunakan dalam pembelajaran mufradat di MI YaBakii Kalisabuk 02 di antaranya adalah 1) media gambar, guru menunjukan gambar dengan menyebutkan maknanya dengan bahasa Arab, kemudian gambar dibagikan kepada siswa dan siswa menebak arti gambar tersebut menggunakan bahasa Arab. 2) kartu, siswa menjodohkan kartu ke dalam makna yang sesuai. 3) Benda asli, guru menunjukan benda asli kepada siswa dengan menyebutkan maknanya menggunakan bahasa Arab. 4) Papan tulis, guru menuliskan mufradat di papan tulis kemudian siswa membacanya secara bersama-sama. 5) Puzzle, guru membagikan kertas berwarna yang berisi teka-teki silang dan siswa menyusunnya menjadi sebuah kata yang mempunyai makna. Kata kunci: Penggunaan, media, dan pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 01 Dec 2016 03:26
Last Modified: 01 Dec 2016 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1749

Actions (login required)

View Item View Item