METODE PENANAMAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DALAM BUKU CERITA BINATANG KITA BERTEMAN YUK KUMPULAN FABEL PERSAHABATAN KARYA CHANDRA WENING

Falasifa, Larasati (2023) METODE PENANAMAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DALAM BUKU CERITA BINATANG KITA BERTEMAN YUK KUMPULAN FABEL PERSAHABATAN KARYA CHANDRA WENING. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FALASIFA LARASATI_METODE PENANAMAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DALAM BUKU CERITA BINATANG KITA BERTEMAN YUK KUMPULAN FABEL PERSAHABATAN KARYA CANDRA WENING.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Keterampilan sosial emosional merupakan keterampilan yang harus dimiliki anak. Keterampilan sosial emosional adalah proses berkembangnya kemampuan anak untuk dapat menyesuaikan dirinya (emosi) terhadap lingkungan sosial yang lebih luas. Keterampilan emosional seperti mengelola perasaan senang atau tidak senang, suka atau tidak suka dan sedih atau gembira harus memiliki porsi yang seimbang. Mengenalkan kehidupan bermasyarakat dan agar anak memiliki keterampilan sosial emosional ada berbagai macam metode/strategi. Salah satunya mengenalkan melalui buku cerita binatang dan juga dapat menanamkan keterampilan sosial emosional melalui metode bercerita. Dalam buku yang berjudul “Kita Berteman, Yuk!” Kumpulan Fabel Persahabatan karya Chandra Wening ini menyajikan kisah-kisah cerita binatang bertema persahabatan yang mengandung nilai-nilai kebersamaan, cara mengatasi masalah pertemanan, mengelolah emosi dengan tepat, mengalah demi kebaikan bersama, kasih sayang terhadap teman. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan untuk menanamkan keterampilan sosial emosional anak usia dini pendidik dan orang tua dapat menggunakan metode/strategi antara lain metode bercerita dengan media buku bergambar, metode bercerita menggunakan media boneka tangan, metode menggunakan media papan flanel. Keterampilan sosial emosional dalam buku Kita Berteman Yuk Kumpulan Fabel Persahabatan ditunjukkan oleh setiap tokoh yang ada dalam setiap cerita. Tokoh-tokoh dalam setiap cerita menggambarkan perilaku/keterampilan bersosialisasi yang dilakukan dalam lingkup pertemanan anak serta anak dikenalkan bagaimana cara untuk memiliki keterampilan sosial, cara mengelola emosi dalam dunia pertemanan anak, prilaku dalam setiap cerita sering dijumpai dalam lingkup keseharian anak. . Kata Kunci : Metode Penanaman, Keterampilan Sosial Emosional, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Penanaman, Keterampilan Sosial Emosional, Anak Usia Dini.
Subjects: 000 Generalities > 002 The book
000 Generalities > 020 Library and information sciences
300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Falasifa Larasati
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:53
Last Modified: 31 Jan 2023 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17481

Actions (login required)

View Item View Item