PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM DI TK DIPONEGORO 7 PANUSUPAN CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Fatmawati, 092331195 (2014) PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM DI TK DIPONEGORO 7 PANUSUPAN CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text
Fatmawati_PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM DI TK DIPONEGORO 7 PANUSUPAN CILONGOK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan mutlak bagi kehidupan manusia yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Imam al-Ghazaly berpendapat bahwa pendidikan agam harus mulai diajarkan kepada anak sedini mungkin, pertama kali dengan mendidik hati mereka dengan ilmu pengetahuan dan mendidik jiwanya dengan ibadah. Masa kanak-kanak merupakan kesempatan pertama yang sangat baik bagi pendidik untuk membina kepribadian anak yang akan menentukan masa depan mereka. Untuk itu nilai-nilai keagamaan perlu ditanamkan kepada anak sejak dini sebelum mereka dapat berfikir secara logis dan memahami hal-hal yang abstrak serta belum dapat membedakan hal yang baik dan buruk. Agar sejak dini sudah terbiasa dengan nilai-nilai kebaikan dan dapat mengenal Tuhannya yaitu Allah SWT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana usaha penanaman nilai-nilai Islam yang dilakukan di TK Diponegoro 7 Panusupan Cilongok Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis datanya disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif dengan cara berfikir bersifat deduktif dan induktif, keduanya digunakan untuk menginterpretasikan data dari data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian yang sudah dilakukan dalam penelitian. Variable dalam penelitian ini adalah penanaman, nilai-nilai Islam dan Taman Kanak-kanak. Setelah melihat dan mencermati dari proses pembelajaran yang dilakukan oleh para guru di TK Diponegoro 7 Panusupan Cilongok, maka dari hasil penelitian yang penulis lakukan terhadap penanaman nilai-nilai Islam di TK Diponegoro 7 Panusupan Cilongok Banyumas dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan penanaman nilai-nilai Islam umumnya diajarkan pada semua sentra, sedangkan untuk kegiatan pembelajaran agama Islam dilaksanakan di sentra imtaq. Pembelajarannya menitik beratkan pada pengaturan kelas yang dapat mendorong anak untuk bermain sambil belajar. Penanaman nilai-nilai Islam ini bertujuan agar anak dapat mengenal rukun iman dan rukun Islam serta dapat melakukan kegiatan ibadah secara sederhana dan memiliki akhlak karimah untuk mewujudkan insan kamil, berbagai usaha dilakukan TK Diponegoro 7 Panusupan Cilongok Banyumas dalam menanamkan nilai-nilai Islam, mulai dari membiasakan anak untuk mengucapkan dua kalimah syahadat, vi menghafalkan beberapa doa harian, menyebutkan, menghafalkan dan mempraktekan kalimah toyibah; mengenal Allah, sifat-sifat-Nya dan ciptaan-Nya; mengenal Nabi dan Rasul Allah, mengenal kitab suci umat Islam, huruf-huruf dan cara membacanya; mengenal arti puasa dan berlatih melaksanakannya, mengenal arti zakat dan sodaqoh, mengenal tata cara haji secara sederhana; dan agar anak memiliki akhlakul karimah pendidik menggunakan berbagai metode yakni metode yang digunakan meliputi metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat, metode perhatian serta metode ganjaran dan hukuman. Kata Kunci: Penanaman Nilai-nilai Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 01 Dec 2016 01:05
Last Modified: 01 Dec 2016 01:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item