Kartika Rachmawati, 102335088 (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION PADA MAPEL IPS DI KELAS III MI MUH PASIR LOR KARANGLEWAS BMS TAHUN PEL 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.
Text
KARTIKA RACHMAWATI_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION PADA MAPEL IPS DI KELAS III MI MUH PASIR LOR KARANGLEWAS BMS TAHUN PEL 2014-2015.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran IPS saat ini masih dianggap sulit untuk dipelajari oleh siswa yang menjadikan siswa cenderung tidak bersemangat dan pasif dalam mengikuti pembelajaran IPS. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah belum tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan. Menerapkan strategi yang mampu memberikan pengetahuan juga pengalaman serta membuat siswa lebih aktif dalam sebuah pembelajaran yang menyenangkan menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan guru. Ibu Yuni selaku guru di kelas III MI Muhammadiyah Pasir Lor telah melakukan hal tersebut dengan menerapkan strategi pembelajaran poster session pada mata pelajaran IPS untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dalam usaha mencapai tujuan yang diharapkan. Sehingga Fokus dari penelitian ini adalah: bagaimana penerapan strategi pembelajaran poster session pada mata pelajaran IPS di kelas III MI Muhammadiyah Pasir Lor Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini merujuk pada strategi yang dikemukakan oleh Melvin L. Silberman yakni pembelajaran aktif. Selain itu,menurut Gage dan Berliner strategi pembelajaran dengan menggunakan gambaran visual berguna merepresentasi pengetahuan strategi pembelajaran poster session juga mendukung pengembangan kecerdasan jamak siswa terutama kecerdasan visual-spasial. Penelitian Alesandrini serta pendapat Piaget dan Montessori juga menjadi rujukan peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan dalam memahami data deskripsi yang disajikan sehingga dapat memberikan pemahaman atas hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran poster session pada mata pelajaran IPS di kelas III MI Muhammadiyah Pasir lor, terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan tahap akhir. Dan setiap satu kali penerapan strategi dilaksanakan dalam dua kali tatap muka/pertemuan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Strategi pembelajaran poster session, Mata Pelajaran IPS. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 07:32 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 07:32 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1746 |
Actions (login required)
View Item |