PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR SISWADI MIN PURWOKERTO

FELITA RISKI YOLANDA, 1223305034 (2016) PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR SISWADI MIN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
FELIKA RIZKI YOLANDA_PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR SISWADI MIN PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas VI As-Syams adalah kelas terendah diantara 4 kelas lainnya di kelas VI karena di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Purwokerto untuk kelas VI nya ada 5 kelas, dan di kelas VI As- Syams di tangani oleh walikelas dengan latar belakang pendidikan konseling yang telah berpengalaman telah mengampu bimbingan konseling selama 4 tahun di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Purwokerto. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi permasalahan belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Purwokerto. Rumusanmasalahpenelitianiniadalah“Bagaimanapelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi permasalahan belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Purwokerto” Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendiskripsikan, menyajikan data dalam keadaan yang sebenarnya dan menganalisis pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi permasalahan belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Purwokerto. Adapun manfaat yang dapat diambil adalah dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi permasalahan belajar siswa. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan(fildresearch) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi permasalahan belajar siswa. Objek dalam penelitian ini pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi permasalahan belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Purwokerto. Teknik yang digunakandalampengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dandokumentasi. Penulismenggunakananalisis data teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasilpenelitian menunjukkan permasalahan belajar siswa adalah kurangnya motivasi berprestasi siswa dengan adanya pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi permasalahan belajar siswa yang di lakukan oleh guru dapat berpengaruh besar dan mengatasi permasalah belajar siswa.Hal ini terlihat dengan keberhasilan siswa kelas As-Syams (1) menjadi kelas terbaik, kelas As- Syams tembus pada nilai dengan angka 85 dan kelas As-Syams satu-satunya kelas yang pertama kali mendapatkan peringkat B dan untuk kelas lainnya masih nilai C. (2)Untuk kelas As-Syams dalam mengikuti jamaah sholat tahajud kelas As- Syams berada dalam shoft paling depan khususnya laki-laki. Dibandingkan dengan kelas lainnya yang masih berada dalam shoft 2, 3, dst.(3) Juara LCC peringkat 2, (4) Juara Drama peringkat 1dan itu semua tidak terlepas dari rangkaianproses keberhasilan pelaksanaan bimbingan konselingdalam mengatasi permasalahan belajar siswa yang di lakukan oleh guru (walikelas)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan, bimbingan konseling, permasalahan belajar.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Nov 2016 07:02
Last Modified: 29 Nov 2016 07:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item