ALIH TEKHNOLOGI PENGOLAHAN & PEMASARAN BANDENG LOSARI OLEH KELOMPOK PENGOLAH DAN PASAR (POKLAHSAR) LOSARI IKHTIAR (Di Desa Losari Kidul Kecamatan Losari Kabupaten Brebes Dalam Meningkatkan Daya Jual Produk)

Via, Dwi Sari (2022) ALIH TEKHNOLOGI PENGOLAHAN & PEMASARAN BANDENG LOSARI OLEH KELOMPOK PENGOLAH DAN PASAR (POKLAHSAR) LOSARI IKHTIAR (Di Desa Losari Kidul Kecamatan Losari Kabupaten Brebes Dalam Meningkatkan Daya Jual Produk). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Via Dwi Sari_Alih Teknologi Pengolahan dan Pemasaran Bandeng Losari Oleh Kelompok Pengolah dan Pasar (Poklahsar) (Di Desa Losari Kidul Kecamtan Losari Kabupaten Brebes Dalam Meningkatkan DAYA jUAL pRODUK).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang, kemajuan dunia tidak jarang dikaitkan dengan adanya perkembangan teknologi dan kemajuan teknologi tersebut berdampak untuk segala bidang. Perubahan dari masyarakat tradisonal ke modern mengakibatkan cara tradisonal berubah karena kecanggihan yang dimiliki oleh teknologi. Sumber daya manusia (SDM) mulai di geser oleh penemuan teknologi terbaru, sehingga memberikan inovasi maupun solusi yang belum ada sebelumnya. Kegiatan dalam bidang perikanan dipaksa memiliki kemampuan untuk mencari potensi untuk produktif dan menaikkan produktifitas sumber daya perikanan serta sumberdaya manusia sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga pesisir. Dengan kemajuan teknologi sangat mempengaruhi perilaku konsumsi masyarakat yang meningkat Kelompok Pengolah dan Para (Poklahsar) Losari ikhtiar memanfaatkan kemajuan teknologi dalam proses pembuatan bandeng presto, dengan adanya alih teknologi daya beli produk meningkat dengan didukung mulai dari kemasan yang menarik hingga pasar jualyang sudah meluas. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulam dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Poklahsar merupakan model pemberdayaan berbasis komunitas yang telah melaksanakan 3 prinsip pemberdayaan yaitu Enabling, Empowering dan Protecting serta telah melaksanakan tahapan-tahapan pemberdayaan itu dengan baik. Sentuhan teknologi telah memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan peserta, utamanya dalam pengolahan, packing dan pemasaran. Hasil riset menunjukan harga, kualitas, dan minat pembeli menjadi positif sehingga warga merasakan perubahan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alih Teknologi, Kelompok Pengolah dan Pasar (Poklahsar), Daya Jual.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Via Dwi Sari sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:43
Last Modified: 31 Jan 2023 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17442

Actions (login required)

View Item View Item