MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN BERBASIS METODE UMMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Alfi, Risalati (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN BERBASIS METODE UMMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
skripsi final_alfi risalati_1817401007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sekolah ini dijadikan penelitian oleh peneliti dikarenakan fakta yang ada, yaitu MI Istiqomah Sambas Purbalingga sebagai salah satu sekolah pendidikan formal di Purbalingga yang memiliki progam-progam keislaman unggulan, salah satunya yaitu program tahfidzul qur‟an dengan metode talaqi. Selain itu MI Istiqomah Sambas Purbalingga juga menggunakan metode ummi dalam pembelajaran Al-qur‟an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk meningkatkan pemahaman hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran Ummi di MIIS Purbalingga yaitu: Perencanaan pembelajaranya mengikuti Ummi Foundation Bandung yang bekerjasama dengan Yayasan Sambas Purbalingga yang semuanya direncanakan dengan matang mulai dari persiapan guru, motode pembelajaranya, waktu belajar, target pembelajaranya, dan alat peraga. 2) Pengorganisasian meliputi penyiapan dan pemilihan guru yang tepat dan guru yang sudah bersertifikasi maupun yang belum bersertifikasi akan tetapi memenuhi persyaratan untuk mengajar pembelajaran al-qur‟an hanya diperbolehkan mengajar. 3) Pelaksanaan Pembelajaran Ummi di MIIS Purbalingga aplikasi pembelajaranya menggunakan metode individu (sorogan), klasikal individual, klasikal baca simak, yang setiap kelasnya dipandu oleh tiga guru Ummi. 4) evaluasi pembelajaran Ummi dilakukan empat kali tahapan yaitu: Pertama, evaluasi harian. Kedua, evaluasi kenaikan. Ketiga, evaluasi Munaqasya dan evaluasi yang terakhir yakni Khotaman dan Imtihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Manajemen, Pembelajaran al-qur‟an, Metode Ummi
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alfi Risalati sdri
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:02
Last Modified: 04 Jan 2023 04:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17392

Actions (login required)

View Item View Item