UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERKISAH DI KELOMPOK BERMAIN ANAK SHOLEH KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

Sofina Nur, Khasanah (2022) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERKISAH DI KELOMPOK BERMAIN ANAK SHOLEH KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SOFINA_PIAUD B (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Memberikan pendidikan anak usia dini adalah tugas semua guru di sekolah, dan sangat penting dalam pengembangan pemahaman membaca pada anak usia dini. Karena pentingnya mengembangkan kemampuan membaca anak usia dini yang bertujuan untuk mempersiapkan anak ke jenjang selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah upaya guru dalam mengembangkan kemampuan membaca dengan menggunakan metode berkisah di KB Anak Sholeh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian lapangan. Objek penelitianya adalah upaya guru dalam mengembangkan kemampuan membaca anak usia dengan metode berkisah di KB Anak Sholeh. Sedangkan subjek penelitiannya guru dan anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, untuk teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai hasil akhir. Upaya yang dilakukan guru KB Anak Sholeh dalam mengembangkan kemampuan membaca anak usia dini dengan menggunakan metode berkisah antara lain mengkondisikan kelas senyaman mungkin, membangkitkan mood belajar membaca siswa, membangun konsentrasi anak untuk mendengarkan kisah, memberikan pujian kepada anak, memberikan semangat kepada anak, membiasakan melafalkan huruf pada saat berkisah. Hasil penelitian yang diuraikan bahwa penggunaan metode berkisah di KB Anak Sholeh mampu mengembangkan kemampuan membaca pada anak usia dini. Kemampuan membaca yang dikuasai siswa KB Anak Sholeh antara lain anak mampu mengenal huruf konsonan, huruf vokal, mengenal huruf di graf, dan membaca suku kata. Jadi metode berkisah merupakan cara yang efektif dan berpengaruh positif terhadap perkembangan pemahaman bacaan di KB Anak Sholeh yang meningkat secara signifikan. Kata Kunci : Guru, Anak Usia Dini, Membaca Anak Usia Dini, Berkisah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sofina Nur Khasanah sdri
Date Deposited: 04 Jan 2023 07:15
Last Modified: 04 Jan 2023 07:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17379

Actions (login required)

View Item View Item