PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN DATAR MELALUI APLIKASI TEORI VAN HIELE PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH PENOLIH KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Martina, 102336046 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN DATAR MELALUI APLIKASI TEORI VAN HIELE PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH PENOLIH KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Martina_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN DATAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan yang berkualitas akan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran penanaman konsep dasar merupakan jembatan yang harus dapat menghubungkan kemampuan kognitif siswa yang konkrit dengan konsep baru yang abstrak. Aplikasi teori Van Hiele diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Masih banyak siswa yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan. Disinilah guru mempunyai peran untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan apliasi teori Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi pokok bangun datar?” Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah pengkajian terhadap permasalahan praktis yang bersifat situasional dan kontekstual, yang ditujukan untuk menentukan tindakan yang tepat dalam rangka pemecahan masalah yang diahadapi, atau memperbaiki sesuatu. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi pokok bangun datar khususnya dalam menghitung luas trapesium dan layanglayang pada siswa kelas V. Analisis data merupakan salah satu langkah penting dalam rangka memperoleh temuan-temuan hasil penelitian. Data yang akan diteliti adalah data kuantitatif dengan angka-angka yang diperoleh melalui tes. Dari hasil analisis mengalami peningkatan dari kondisi awal sampai siklus II, dilihat dari rata-rata kelas yang diperoleh yaitu, rata-rata nilai kelas kondisi awal 46,6; rata-rata nilai kelas siklus I 61,1; rata-rata nilai siklus II 78,8; dan prosentase ketuntasannya yaitu, kondisi awal 22%, siklus I 67%, dan siklus II 89%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aplikasi teori Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V materi pokok bangun datar khususnya menghitung luas trapesium dan layang-layang. Kata Kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Matematika, Aplikasi Teori Van Hiele.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 30 Nov 2016 01:02
Last Modified: 30 Nov 2016 01:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1737

Actions (login required)

View Item View Item