METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ SEMESTER GANJIL DI MTS MUHAMMADIYAH 01 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Suroto, 092338167 (2013) METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ SEMESTER GANJIL DI MTS MUHAMMADIYAH 01 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
Suroto_METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)

Abstract

Metode merupakan salah satu teknik yang digunakan oleh guru Aqidah Akhlaq di MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga dalam kegiatan proses pembelajaran. Keunikan yang muncul pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga diantarnya, guru menerapkan berbagai macam metode pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Hal itu bertujuan supaya kegiatan pembelajaran khususnya siswa yang berada di ruang kelas tidak mengalami kejenuhan dan lebih senang menerima materi yang di sampaikan. Tidak hanya di dalam kegiatan pembelajaran saja metode diterapkan guru Aqidah Akhlaq di MTs Muhammadiyah, akan tetapi dalam kegiatan praktikpun metode yang bervariasi juga diterapkan oleh guru Aqidah Akhlaq. Fokus penelitian ini adalah : metode apa saja yang digunakan dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga? Selanjutnya, bagaimana penggunaan metode pembelajaran, pembelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Muhamadiyah 01 Purbalingga.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek penelitian di MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, member check dan analisis kasus negatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa, metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq diantaranya : ( 1) metode ceramah/ klasik,( 2) metode tanya jawab,( 3 ) metode penugasan, ( 4 ) metode diskusi dan ( 5 ) metode cerita / kisah. Penggunaan metode pembelajaran dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq, tentunya guru tidak terlepas dari materi pembelajaran yang disesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Langkah –langkah yang di tempuh oleh guru di dalam proses penggunaan metode pembelajaran dalam Aqidah Akhlaq menunjukan kesesuaian antara materi, metode dan karakterisitik peserta didik sebagai subyek belajar. Sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai sesuai dengan rencana yang diharapkan. Hasil analisis menunjukan bahwa. materi dan metode di dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq merupakan komponen utama di dalam proses pembelajaran. Sehingga hasil yang di peroleh dari penggunaan metode di dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq mampu memberikan ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga dapat memberikan kemudahan siswa terhadap pemahaman materi pembelajaran yang sedang di ajarkan. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Aqidah Akhlaq, MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 29 Nov 2016 03:11
Last Modified: 29 Nov 2016 03:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item