METODE PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS DI MI NURUL IMAN GUMELAR KIDUL TAMBAK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Haryanto, 102338100 (2014) METODE PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS DI MI NURUL IMAN GUMELAR KIDUL TAMBAK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
HARYANTO_METODE PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS DI MI NURUL IMAN GUMELAR KIDUL TAMBAK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (686kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara efektif dan efisien yang dilakukan oleh pendidik agar peserta didik mampu untuk mengetahui,memahami, dan mengamalkan materi pelajaran yang sudah diajarkan yang semua itu didasarkan pada tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Ketepatan atau kekeliruan penggunaan metode sangat berpengaruh dalam keberhasilan atau kegagalan suatu pembelajaran. Oleh karena itu metode memegang peranan penting dalam pembelajaran. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya variasi dalam penggunaan metode pembelajaran yang dilakukan guru PAI di MI Nurul Iman Gumelar Kidul ketika menyampaikan materi pelajaran Al-Quran Hadits sehingga peserta didik mampu menguasai kompetensi yang diinginkan dalam tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran Al-Quran Hadits peserta didik harus mampu membaca, menulis, menghafal, memahami, bahkan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Berangkat dari hal inilah, seorang pendidik harus mampu menguasai dan menggunakan metode-metode yang sesuai dengan materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Metode Pembelajaran Al-Quran Hadits Di Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Gumelar Kidul Kecamatan Tambak Kabupaten BanyumasTahunPelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh informasi dan penjelasan secara langsung yang menggambarkan penggunaan metode pembelajaran Al-Quran Hadits. Kemudian metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran Al-Quran Hadits. Selanjutnya, metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan MI Nurul Iman Gumelar Kidul seperti letak geografis, sejarah berdirinya, visi dan misi, struktur organisasi, keadaan pendidik dan peserta didik, serta sarana prasarana yang ada didalamnya. Sedangkan untuk menganalisis data, yang penulis lakukan adalah menelaah seluruh data, mengolah data, menyajikan data, dan memverifikasi data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat tujuh pemilihan metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Quran Hadits di MI Nurul Iman Gumelar Kidul, yaitu metodeceramah, tanyajawab, hafalan, demonstrasi, latihan (drill), diskusi kelompok, dan penugasan. Dimana dalam proses pembelajarannya pendidik tidak hanya menggunakan satu metode saja melainkan menggunakan berbagai metode dan mengkombinasikannya dengan baik. Penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik sudah sesuai dengan metode-metode yang disampaikan penulis pada landasan teori yaitu Bab II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MetodePembelajaran, Al-Quran Hadits
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Nov 2016 07:14
Last Modified: 28 Nov 2016 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item View Item