SYAIKH ABDUL MALIK : BIOGRAFI DAN PERANNYA TERHADAP MASYARAKAT DI DESA KEDUNG PARUK KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS (1881-1980 M)

Hafsah, Munawaroh (2022) SYAIKH ABDUL MALIK : BIOGRAFI DAN PERANNYA TERHADAP MASYARAKAT DI DESA KEDUNG PARUK KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS (1881-1980 M). Skripsi thesis, UIN Prof.K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HAFSAH MUNAWAROH_SYAIKH ABDUL MALIK BIOGRAFI DAN PERANNYA TERHADAP MASYARAKAT DI DESA KEDUNG PARUK KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS 1881_1980 M.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kedung Paruk merupakan salah satu wilayah yang mempunyai sosok ulama yang sangat dihormati oleh masyarakat yaitu Muhammad Ash’ad bin Muhammad Ilyas atau lebih dikenal Syaikh Abdul Malik. Dengan demikian ulama mempunyai peranan penting di bidang sosial-keagamaan khususnya di daerah Banyumas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui biografi dan peran Syaikh Abdul Malik terhadap masyarakat di Desa Kedung Paruk Kecamatan Kabupaten Banyumas (1881-1980M). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari heuristik atau pengumpulan data, verifikasi atau kritik sumber, interpretasi atau pemilahan sumber dan historiografi atau kepenulisan sejarah. Sumber yang digunakan berupa studi kepustakaan dan teknik wawancara. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan biografi untuk mengetahui bagaimana riwaat hidup Syaikh Abdul Malik. Pada penelitian ini teori yang digunakan adalah teori peran. Hasil dari penelitian ini membahas terkait biografi Syaikh Abdul Malik mulai dari latarbelakang keluarga, silsilah keluarga, riwayat pendidikan, dan lingkungan semasa beliau masih hidup terhadap masyarakat di Desa Kedung Paruk. Adapun peran Syaikh Abdul Malik terhadap masyarakat di Desa Kedung Paruk diantaranya mendirikan Pondok Pesantren Bani Malik yang dijadikan sebagai tempat melakukan kegiatan keagamaan bersama keluarganya serta masyarakat setempat. Syaikh Abdul Malik juga menganut Tarekat Nasaqsyabandiyah Khalidiyah yang dikembangkan di Desa Kedung Paruk. Dalam penyebaran Islam dikalangan masyarakatnya, Syaikh Abdul Malik mengharmonisasikan ajaran tarekat dengan syariat. Kata Kunci: Biografi, Peran, Syaikh Abdul Malik, Desa Kedung Paruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biografi, Peran, Syaikh Abdul Malik, Desa Kedung Paruk
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Hafsah Munawaroh sdri
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:57
Last Modified: 02 Jan 2023 03:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17327

Actions (login required)

View Item View Item