FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT KABUPATEN PURBALINGGA UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DENGAN PEMAHAMAN MASYARAKAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Rizki Amalia, Nawangsih (2022) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT KABUPATEN PURBALINGGA UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DENGAN PEMAHAMAN MASYARAKAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rizki Amalia N_Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Kabupaten Purbalingga Untuk Menggunakan Produk Lembaga Keuangan Syariah Dengan Pemahaman Masyarakar Sebagai Variabel Intervening.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bank Syariah atahu Islamic Banking merupakan lembaga keuangan yang operasional dan produknya berlandasan syari’ah Islam. Masyarakat sebagai sumber calon nasabah harus memiliki pemahaman yang baik sehingga akan mengarah pada keputusan penggunaan produk di bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor pengetahuan, pengalaman, kondisi ekonomi, kondisi sosial dan sumber informasi terhadap keputusan masyarakat Kabupaten Purbalingga untuk menggunakan produk lembaga keuangan syariah baik secara parsial maupun simultan dengan pemahaman masyarakat sebagai variabel intervening (mediasi). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi masyarakat Kabupaten Purbalingga. Jumlah responden sebanyak 180 sampel dengan teknik purposive sampling dan teknik non probability sampling. Berdasarkan uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik yang telah dilakukan tidak ditemukan adanya penyimpangan yang terjadi pada asumsi dasar dan semua data yang digunakan telah memenuhi syarat untuk pengujian hipotesis dengan analisis regresi linier berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pengetahuan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pemahaman masyarakat, untuk variabel pengalaman dan sumber informasi berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel kondisi ekonomi dan kondisi sosial tidak berpengaruh terhadap pemahaman masyarakat. Sementara berdasarkan uji simultan keseluruhan variabel independen berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan masyarakat Kabupaten Purbalingga untuk menggunakan produk lembaga keuangan syariah. Dan variabel pemahaman masyarakat mampu menjadi variabel yang memediasi pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen dengan jumlah pengaruh tidak langsung lebih besar dari pengaruh langsung yaitu 2,863 > 0,235.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Pengalaman, Kondisi Ekonomi, Kondisi Sosial, Sumber Informasi, Pemahaman Masyarakat, Keputusan Menggunakan
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Rizki Amalia Nawangsih sdri
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:21
Last Modified: 02 Jan 2023 02:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17322

Actions (login required)

View Item View Item