MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 CILONGOK BANYUMAS

Desi, Rahmawati (2022) MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Desi Rahmawati_Manajemen Peningkatan Kompetensi Guru PAI di SMP Negeri 1 Cilongok Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan sumber daya pendidik dalam satuan pendidikan memiliki peran penting dalam mengopltimalkan kualitas pendidikan di sekolah. Satuan pendidikan merancang program bagi pendidik sesuai dengan kebutuhan yang diperoleh dari hasil evaluasi sebelumnya. Adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada pembinaan karakter siswa serta upaya percepatan peningkatan penggunaan teknologi menjadi tantangan bagi SMP Negeri 1 Cilongok, khususnya kepala sekolah dalam upaya pengelolaan peningkatan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam melalui program peningkatan kompetensi, agar kinerja guru yang belum optimal agar segera diperbaiki dan pendidik mendapat wawasan atau bekal pembelajaran yang diperlukan untuk kualitas pendidikan yang lebih baik. Manfaat dan arah penelitian ini yakni penggalian tentang manajemen peningkatan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Cilongok Banyumas. Adapun subjek penelitian adalah kepala sekolah, dan guru PAI. Objek penelitiannya adalah manajemen peningkatan kompetensi guru PAI. Metode pengumpulan datanya dengan wawancara dan dokumentasi melalui teknik snowball sampling. Kemudian teknik analisa datanya melalui reduksi data, atau memilih hal-hal yang paling penting dan berkonsentrasi pada hal itu, adalah metode analisis data. Selanjutnya, data disajikan dalam format naratif dan dicari tema dan pola yang sesuai lalu terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peningkatan kompetensi guru PAI di SMPN 1 Cilongok, Banyumas sudah berjalan dengan baik yakni mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan sudah dilaksanakan sesuai dengan arahan dalam program kerja. Kendala yang dihadapi sudah di atasi semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Desi Rahmawati sdr
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:07
Last Modified: 02 Jan 2023 02:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17303

Actions (login required)

View Item View Item