ITMAMUL UMAM, NIM: 102332062 (2016) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR NAHWU DI MADRASAH DINIYYAH ATH-THOHIRIYYAH PARAKANONJE KARANGSALAM KIDUL KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf Download (813kB) | Preview |
|
Text
ITMAMUL UMAM_UPAYA GURU DALAM MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR NAHWU DI MADRASAH DINIYAH ATH-THOHIRIYYAH.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Upaya meningkatkan prestasi belajar diartikan sebagai usaha, ikhtiyar untuk mencapai suatu maksud, memecahkan suatu masalah, mencari jalan keluar dan sebagainya. Guru adalah orang yang memberikan bimbingan dan asuhan di suatu sekolah kepada anak didiknya, demi tercapainya tujuan pembelajaran dan merupakan respon utama dalam dunia pendidikan yang sangat menentukan keberhasilan dan pendidikan itu sendiri. Sedangkan nahwu adalah ilmu yangg yang mempelajari tentang jabatan kata dalam kalimat dan harakat akhirnya, baik secara i’rab (berubah) atau bina’ (tetap). Skripsi ini mengakaji tentang upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar nahwu di Madrasah Diniyyah Ath-Thohiriyyah. Melihat pentingnya ilmu nahwu, sehingga di Madrasah Diniyyah Ath-Thohiriyyah nahwu merupakan mata pelajaran wajib yang harus di tempuh oleh santri. Disamping itu nahwu juga untuk memudahkan santri dalam mempelajari literatur-literatur yang diwajibkan karena mata pelajaran nahwu di Madrasah Diniyyah Ath-Thohiriyyah sebagian besar mempelajari kitab-kitab berbahasa Arab gundul (kitab shalaf). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara jelas upaya yang dilakukan guru dalam rangka meningkatkan prestasi belajar nahwu di Madrasah Diniyyah Ath-Thohiriyyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif serta penyajian analisis data non statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah Ustadz pengampu mata pelajaran nahwu kelas III Madrasah diniyyah Ath-Thohiriyyah. Dari hasil analisis yang peneliti lakukan di Madrasah diniyyah Ath-Thohiriyyah, dapat diambil kesimpulan bahwa upaya yang dilakukan guru guna meningkatkan prestasi belajar nahwu di Madrasah Diniyyah Ath-Thohiriyyah adalah dengan mengadakan syawir, muthola’ah sebelum masuk kelas, menggunakan metode pembelajaran yang tepat, dan disiplin. Kata Kunci: Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar, Nahwu, Madrasah Diniyyah Ath-Thohiriyyah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 05:48 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 05:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/172 |
Actions (login required)
View Item |