PEMBIASAAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAMPANG KAB CILACAP TAHUN PEL 2013-2014

Diah Fitri Rahmawati, 092331041 (2014) PEMBIASAAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAMPANG KAB CILACAP TAHUN PEL 2013-2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
DIAH FITRI RAHMAWATI_PEMBIASAAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAMPANG KAB CILACAP TAHUN PEL 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BABI, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi manusia, karena manusia menjadi menusia hanya lewat pendidikan yang akan membentuk manusia di masa depan karena pendidikan tidak hanya ditempuh ketika dewasa saja melainkan ketika anak masih dalam kandungan. Pendidikan anak merupakan modal terbesar yang dimiliki bangsa untuk mewujudkan cita-cita bangsa kelak. Berhasil atau tidaknya langkah yang sudah dirintis sangat bergantung pada generasi selanjutnya. Pentingnya pendidikan pada anak usia dini ditanamkan agar anak ketika besar dapat mengembangkan nilai-nilai ajaran Islam. Anak usia 4-6 tahun merupakan bagian dari anak usia dini yang berada pada rentangan usia akhir sampai 6 tahun, pada usia ini secara terminologi disebut sebagai anak pra sekolah, tidak hanya ilmu umum saja yang penting bagi anak usia presekolah, tetapi agama juga penting bagi mereka. Rasa keberagamaan bisa dilakukan dengan memberi contoh perilaku yang baik. Seorang anak jika pada masa kecil sudah dibiasakan untuk menanamkan akhlak yang dapat menanamkan perilaku baik pada dirinya, diharapkan nantinya akan menjadi manusia yang beragama. Pemberian materi pada anak TK tidak harus selalu diberikan materi saja, tetapi dengan menggunakan berbagai metode yang dapat mendukung tercapainya program penanaman nilai agama diharapkan anak TK akan lebih cepat tertanam dalam hatinya jiwa keagamaan. Anak usia prasekolah di TK Aisyiy Bustanul Athfal Sampang Kecamatan Sampang sudah terbiasa menghafal doa sehari hari dan menghafal surat-surat pendek dalam Al Qur’an serta didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dalam proses pembelajaran. Taman kanak-kanak adalah salah satu lembaga pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia empat tahun sampai enam tahun. Masalah pokok yang ditulis dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja materi yang diajarkan dalam pembiasaan perilaku keagamaan anak di TK Asyiyah Bustanul Athfal Sampang Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap?, 2) Bagaimana proses pembiasaan perilaku keagamaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sampang Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap? Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam peneitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview kepada kepala sekolah dan guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sampang Kecamatan Kabupaten Cilacap, sedngkan pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi jenis sumber. Maka dapat diketahui bahwa: 1) Materi yang diajarkan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sampang Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap mengenai keimanan, ibadah, dan akhlak. 2) Dalam menanamkan nilai agama pada anak usia dini, guru di TK Aisyiyah Sampang Kecamatan Sampang Kabupetan Cilacap telah terprogram dalam program pembiasaan perilaku keagamaan melalui sentra pendidikan......... Penulis menyarankan agar keprofesionalan guru lebih titingkatkan melalui pelatihanpelatihan pendidikan, mempertahankan dan meningkatkan situasi dan kondisi lingkungan TK yang aman, bersih, rapi dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 25 Nov 2016 09:21
Last Modified: 25 Nov 2016 09:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1718

Actions (login required)

View Item View Item