PENDISTRIBUSIAN ZAKAT UNTUK PENANGGULANGAN WABAH COVID-19 PERSPEKTIF KAIDAH AL-D{ARU<RA<TU TUQADDARU BIQADARIHA< (Studi Kasus LAZISNU Kabupaten Purbalingga)

Puspita, Dewi Ratih (2022) PENDISTRIBUSIAN ZAKAT UNTUK PENANGGULANGAN WABAH COVID-19 PERSPEKTIF KAIDAH AL-D{ARU<RA<TU TUQADDARU BIQADARIHA< (Studi Kasus LAZISNU Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Puspita Dewi Ratih_Pendistribusian Zakat Untuk Penanggulangan Wabah Covid-19 Perspektif Kaidah Al-Daruratu Tuqaddaru Biqadariha.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ketentuan pendistribusian zakat dalam hukum Islam hanya boleh diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya. Namun, syariat Islam dapat berkembang sesuai dengan perubahan zaman seperti munculnya wabah Covid-19. Islam mengajarkan mengenai penetapan hukum yang khusus dalam menghadapi situasi darurat mengharuskan seseorang melakukan hal yang dilarang. Seperti yang dilakukan oleh LAZISNU Kabupaten Purbalingga pada masa pandemi mendistribusikan zakat kepada orang yang mampu. Hal ini diperbolehkan dalam situasi darurat namun harus memperhatikan batasan agar tidak dilakukan secara semena-mena sesuai dengan kaidah al-d}aru>ra>tu tuqaddaru biqadariha>. Penelitian ini menjelaskan analisis kaidah al-d}aru>ra>tu tuqaddaru biqadariha> terhadap pendistribusian zakat untuk penanggulangan wabah Covid-19 di LAZISNU Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di LAZISNU Kabupaten Purbalingga. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deksriptif normatif dengan memaparkan data hasil penelitian yang dianalisis untuk memperoleh konklusi yang tepat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkah kaidah al-d}aru>ra>tu tuqaddaru biqadariha> pendistribusian zakat untuk penanggulangan wabah Covid-19 di LAZISNU Kabupaten Purbalingga telah menggunakan batasan-batasan darurat. Pendistribusian zakat kepada orang yang mampu diberikan sebatas menghilangkan kadar kedaruratan tersebut. Selain itu, pada proses pendistribusian zakat dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip pendistribusian zakat dan tujuan syariat (maqa>s}id al-syari>’ah) dalam pemenuhan kebutuhan d}aru>riyyat yaitu pemeliharaan jiwa (h}ifz} al-nafs).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: al-d}aru>ra>tu tuqaddaru biqadariha>, pendistribusian zakat, Covid-19, maqa>s}id al-syari>’ah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Puspita Dewi Ratih sdri
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:44
Last Modified: 19 Dec 2022 06:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17136

Actions (login required)

View Item View Item