INTERNALISASI NILAI-NILAI AL-KULLIYATU AL-KHAMSAH MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN PADA SISWA KELAS X DI SMK MA'ARIF NU 2 AJIBARANG BANYUMAS

Arjul, Ngaoniyah (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI AL-KULLIYATU AL-KHAMSAH MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN PADA SISWA KELAS X DI SMK MA'ARIF NU 2 AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ARJUL NGAONIYAH_1817402177.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Peran Pendidikan Agama Islam yakni membentuk siswa yang utuh baik jasmani dan rohaninya dengan menginternalisasikan nilai-nilai ajaran agama Islam. Dalam agama Islam terdapat lima prinsip dasar hukum Islam (al-kulliyatu al-khamsah) sebagai panduan bertindak dan berperilaku para umat muslim. Salah satu upaya dalam menginternalisasikan nilai-nilai al-kulliyatu al-khamsah yakni melalui program pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai al-kulliyatu al-khamsah melalui program pembiasaan pada siswa kelas X di SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembiasaan meliputi beberapa aspek yang sesuai dengan nilai-nilai dalam al-kulliyatu al-khamsah meliputi: aspek menjaga agama melalui absen menggunakan bilangan shalat lima waktu, shalat dhuha berjama'ah, dan shalat dhuhur berjama'ah. Aspek menjaga jiwa melalui pembiasaan pagi, istighasah kubra, dan amal setiap hari Jum'at. Aspek menjaga akal melalui membaca Al-Qur'an. Aspek menjaga keturunan melalui cek suhu badan dan cek kesehatan. Aspek menjaga harta melalui menjual produk sekolah. Dalam pelaksanaannya masih butuh kesadaran siswa serta bimbingan dan pengawasan baik oleh guru maupun orang tua saat di rumah. Sehingga nilai-nilai al-kulliyatu al-khamsah dapat terealisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai, Al-Kulliyatu Al-Khamsah, Program Pembiasaan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3305 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arjul Ngaoniyah
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:12
Last Modified: 29 Mar 2023 02:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17121

Actions (login required)

View Item View Item