KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK MA’ARIF NU 01 CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2014-2015

DORROTUL KHAKIMAH, 102331174 (2014) KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK MA’ARIF NU 01 CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
DURROTUL KHAKIMAH_KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK MA’ARIF NU 01 CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar tercapai kondisi optimal sehingga terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan. Jadi usaha guru dalam proses belajar mengajar agar tercapai komunikasi dua arah antara siswa dengan guru, dengan kata lain adalah usaha yang harus dilakukan guru dalam memberdayakan dan mengembangkan potensi siswa di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan pengelolaan kelas yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif NU 01 Cilongok, yang meliputi keterampilan dalam pengelolaan tata ruang kelas, pengelolaan waktu, pengelolaan materi dan pengelolaan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung dilokasi penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah keterampilan pengelolaan kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Sedangkan subyek penelitiannya adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif NU 01 Cilongok yaitu bapak Zainal Muttaqin dan siswa kelas X TSM. Untuk memperoleh informasi dan data-data dalam penelitian, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Disimpulkan bahwa keterampilan pengelolaan kelas yang dilakukan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif NU 01 Cilongok memiliki keterampilan pengelolaan kelas yang baik, dilihat dari kompetensi guru dalam: (1) keterampilan dalam pengelolaan tata ruang kelas, meskipun pembelajaran masih berlangsung secara klasikal, tidak ada perbedaan yang berarti, terkait dengan pengaturan tata ruang kelas yang di lakukan guru cukup memadai untuk pembelajaran dan penciptaan suasana belajar mengajar yang menyenangkan. (2) keterampilan dalam pengelolaan waktu, terkait dalam pengalokasian waktu agar terorganisir dalam pelaksanaannya dibagi dalam beberapa tahap antara lain waktu untuk pembukaan, pembiasaan, kegiatan inti, kegiatan penutupan, dan penjelasan tugas-tugas, guru merinci alokasi waktu untuk masing masing kegiatan sesuai kebutuhan dalam pengajaran yang mengacu pada perencanaan yang dibuat. (3) keterampilan dalam pengelolaan materi , guru telah membuat perencanaan yang berpedoman pada buku sumber materi pengajaran yang sudah tercantum pada kurikulum yang ada, sehingga materi pelajaran yang tersusun memudahkan penyampaian kepada murid dan untuk menghindari penyampaian materi agar tidak menyimpang guru mengacu pada rencana pembelajaran. (4) keterampilan dalam pengelolaan siswa, meski belum semuanya siswa terlibat aktif dalam kegiatan pengajaran tapi minimal sebagian dari siswa sudah menunjukkan partisipasinya dalam proses pengajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan pengelolaan kelas, Pembelajaran PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 25 Nov 2016 04:00
Last Modified: 25 Nov 2016 04:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item