Implementasi Metode Pembelajaran Sosiodrama Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V SD Negeri 2 Widoro Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen

Miftahul, Janah (2022) Implementasi Metode Pembelajaran Sosiodrama Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V SD Negeri 2 Widoro Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen. Skripsi thesis, UIN K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP-MIFTAHUL JANAH-1817405164-PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Metode atau teknik merupakan salah satu komponen penting. Untuk itu para pendidik memerlukan suatu pembaharuan dalam proses pembelajaran untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, pembelajaran berjalan dengan efektif dan dapat meningkatkan minat siswa dengan pembelajaran, sehingga mereka dapat menerima materi yang disampaikan oleh guru dengan baik. Metode sosiodrama adalah metode yang dipilih sebagai bentuk solusi dalam permasalahan proses pembelajaran yang terjadi di sekolah. Metode ini dinilai dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan bagi siswa selama proses pembelajaran berlangsung karena diadaptasi dari permainan drama dengan menyesuaikan tema dan mata pelajaran yang diajarkan, yang dalam hal ini diimplementasikan pada mata pelajaran PPKn yang dianggap memiliki banyak teori dan materi pembelajaran pada tingkatan dasar. Penelitian implementasian metode sosiodrama ini sebagai solusi permasalahan dalam proses pembelajaran pada pelajaran PPKn, dengan hasil berupa perubahan suasana kelas yang lebih menyenangkan dan membuat siswa mudah memahami materi pelajaran sehingga mereka dapat memperoleh nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan dalam pelajaran PPKn. Kata Kunci: metode pembelajaran, metode sosiodrama, pelajaran PPKN. ABSTRACT: Methods are one of the important components, apart from being an intermediary for delivering learning, Educators need a renewal in the learning process to create a pleasant atmosphere, learning runs effectively and can increase student interest in learning so that they can receive the material presented by the teacher well, and can reach the expected value limit, especially in the field of education. The sociodrama method is the method chosen as a form of solution in the problems of the learning process that occurs in schools. This method is considered to be able to create a pleasant classroom atmosphere for students during the learning process because it is adapted from a drama game by adjusting the themes and subjects being taught, which in this case is implemented in Civics subjects which are considered to have a lot of theory and practice. Learning materials at the basic level. In the process of implementing this sociodrama method as a solution to problems in the learning process in Civics lessons, the results obtained are changes in the class atmosphere that are more pleasant, making students more interested in learning and easy to understand the subject matter so that they can get grades according to the criteria for completeness in Civics lessons. Keywords: learning method, sociodrama method, Civics Education lesson

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: metode pembelajaran, metode sosiodrama, pelajaran PPKN.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miftahul Janah sdri
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:14
Last Modified: 09 Dec 2022 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17063

Actions (login required)

View Item View Item