KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI MATHLABUL ULUM KALINUSU KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Siti, Mudrika (2022) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI MATHLABUL ULUM KALINUSU KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof, K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Mudrika_Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MI Mathlabul Ulum Kalinusu Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Dalam Standar Nasional Pendidikan pada pasal 28 ayat (3) butir a dijelaskan bahwa kompetensi pedagogik guru yaitu kemampuan seorang guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kompetensi pedagogik untuk dimiliki guru fikih guna mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fikih. Dikarenakan guru fikih selain mengajarkan materi Bahasa arab juga harus mampu dalam mengelola pembelajaran peserta didik serta menciptakan interaksi edukatif dengan memahami karakteristik peserta didik dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga tujuan pembelajaran akan mudah tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MI Mathlabul Ulum Kalinusu Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reasech). Peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskripsi dengan tujuan menggambarkan proses yang terjadi dilapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru fikih kelas II di MI Mathlabul ulum Kalinusu. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah kompetensi pedagogik guru fikih. Hasil penelitian menunjukan kompetensi pedagogik guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MI Mathlabul Ulum Kalinusu sudah baik dan telah memenuhi semua indikator yang ada pada kompetensi pedagogik Permendiknas No.16 Tahun 2007, terdiri dari sepuluh indikator antara lain yaitu: pemahaman terhadap karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, moral, sosial, spiritual, intelektual dan kultural; menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran; mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu; menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik; memanfaatkan teknologi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran; memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya; berkomunikasi secara efektif, empatik, serta santun dengan peserta didik; menyelenggarakan penilaian dan evaluasi pembelajaran; memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi; Melakukan tindakan refleksi untuk peningkatan kualitas pembelajran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru Fikih, Kesulitan Belajar
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Mudrika sdri
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:27
Last Modified: 07 Dec 2022 03:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17032

Actions (login required)

View Item View Item