Candra, Candra Wahid Zaenal Abidin (2022) Penerapan Teori Bruner Dalam Pembelajaran Matematika Kubus dan Balok di MTs Ma'arif NU Patikraja Kab Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Candra Wahid_1817407008.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tahap-tahap teori Bruner pada pembelajaran matematika di MTs Ma’arif NU Patikraja Banyumas tahun ajaran 2021/2022. selain itu penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengetahui keberhasilan dan kesulitan selama pembelajaran menggunakan teori Bruner. Karena dalam penerapan teori Bruner pembelajaran akan menjadi aktif, efektif, dan terampil. Peneliti memiliki ketertarikan untuk meneliti bagaimana penerapan teori Bruner pada pembelajaran matematika di MTs Ma’arif NU Patikraja.Penelitian skripsi ini termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif deskriprif, dimana peneliti melaksanakan penelitian secara langsung dilapangan untuk melakukan penelitian terhadap objek dan subjek di MTs Maárif NU Patikraja. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan penelitian ini akan diketahui bahwasannya guru matematika dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar matematika khususnya bangun ruang kubus dan balok menggunakan teori Bruner, pada teori Bruner terdapat tiga tahapan diantaranya (1) Tahap Enaktif (2) Tahap Ikonik (3) Tahap Simbolik. Penerapan teori Tersebut sudah diterapkan lama oleh guru selama 2 tahun. Dengan begitu guru mampu mengajak siswa menjadi kreatif dan meningkatkan pemahaman atau menghapal bangun ruang. Kata Kunci : Teori Bruner, Pembelajaran Matematika, Kubus, Balok
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 300 Social sciences > 360 Social services; association 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Candra Wahid Zaenal Abidin sdr |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:05 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:05 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17021 |
Actions (login required)
View Item |