PENERAPAN METODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN RUBAT MBALONG ELL-FIRDAUS TAMBAKSARI KEC KEDUNGREJA CILACAP TH PEL 1434-1435 H

LU'LU' SHOBIHAH, 092331104 (2014) PENERAPAN METODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN RUBAT MBALONG ELL-FIRDAUS TAMBAKSARI KEC KEDUNGREJA CILACAP TH PEL 1434-1435 H. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
LU'LU' SHOBIHAH_PENERAPAN METODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN RUBAT MBALONG ELL-FIRDAUS TAMBAKSARI KEC KEDUNGREJA CILACAP TH PEL 1434-1435 H.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I , BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Upaya menanamkan nilai-nilai agama pada seorang anak tentunya bukanlah suatu perkara yang mudah dan dapat dilakukan sepintas selalu sambil kita melakukan hal-hal yang dirasa lebih utama. Menanamkan nilai-nilai agama pada anak adalah sebuah upaya membentuk karakter manusia, manusialah yang nantinya akan membentuk masyarakat dan bangsa. Jika karakter manusianya baik maka akan baik juga masyarakat dan bangsanya, begitupun sebaliknya. Perkembangan anak pada usia sekolah dasar ini sangat pesat, oleh karena itu sekolah harus bisa memberikan fasilitas untuk mengembangkan moral, intelektual, dan spiritual anak. Sifat keagamaan anak akan tumbuh apabila di sekolah diadakan kegiatan penanaman nilai-nilai agama Islam. SD Negeri Karangpetir adalah salah satu sekolah yang sudah mencerminkan adanya penanaman nilai-nilai agama, disamping memberikan ilmu pengetahuan. Pada waktu penulis melakukan observasi awal penulis menjumpai bahwa semua siswa menggunakan pakaian seragam yang menutup aurat (berjilbab bagi anak perempuan), bersalaman dengan Bapak/Ibu guru ketika memasuki sekolah, mengucapkan salam jika bertemu dengan Bapak/Ibu guru, adanya kegiatan rutin hafalan surat pendek sebelum memulai pelajaran, membaca Asmaul Husna, melaksanakan shalat dhuha, melaksanakan shalat dhuhur berjama’ah. Adapun maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama Islam di SD Negeri Karangpetir Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru wali kelas. Sedangkan objek penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai agama Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis data penulis menggunakan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah materi yang ditanamkan meliputi: aqidah/keimanan, amaliah, ilmiah, akhlaq dan sosial yang kesemuanya itu mengandung tiga aspek yaitu hubungan manusia dengan tuhan, hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan alam sedangkan dalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama Islam menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, cerita, nasihat, hukuman, perhatian/pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 25 Nov 2016 02:48
Last Modified: 25 Nov 2016 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item View Item