KOMODIFIKASI AGAMA DALAM IKLAN MARKETPLACE: Studi Pada Shopee Barokah

SITI NUR, TIFANI (2022) KOMODIFIKASI AGAMA DALAM IKLAN MARKETPLACE: Studi Pada Shopee Barokah. Skripsi thesis, UIN K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SITI NUR TIFANI_KOMODIFIKASI AGAMA DALAM IKLAN MARKETPLACE Studi Pada Shopee Barokah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Komodifikasi merupakan proses perubahan nilai guna suatu barang menjadi nilai tukar. Dalam hal ini komodifikasi agama merupakan perubahan nilai guna agama yang semula menjadi pegangan hidup dan kepercayaan berubah menjadi nilai tukar. Agama bukan merupakan komoditi namun digunakan sebagai daya tarik untuk menarik perhatian konsumen. Iklan menjadi salah satu perantara dari media massa untuk dapat menarik perhatian khalayak. Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasarkan pada informasi mengenai keunggulan dan keuntungan dari suatu produk, yang telah disusun sedemikian rupa sehingga akan menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk tertarik membeli Pada penelitian ini terfokus untuk menjawab proses agama dikomodifikasikan oleh industri dan latar belakang industry digitak melakukan komodifikasi agama dalam iklan Shopee Barokah, dengan tujuan menjelaskan secara teoritik hubungan antara media dan agama dalam praktik bisnis berbasis media digital. Penelitian ini menggunakan teori ekonomi politik media, dimana adanya hubungan dominan dari penguasa untuk mempengaruhi bahkan memonopoli institusi social pada proses produksi termasuk produksi media massa. Teori yang digunakan adalah teori ekonomi politik media milik Vincent Moscow dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasilnya berupa penjabaran deskripsi dari analisis yang diteliti. Sumber data yang digunakan sebagai acuan berasal dari data primer dan sekunder. Sumber data primer yang diteliti didapat dari Iklan Shopee Barokah. Dan data sekundernya berasal dari penelitian terdahulu, artikel, buku, jurnal, platform media yang masih berkaitan Dari hasil penelitian ini komodifikasi agama dapat berjalan lancar karena setiap individu diberikan kebebasan untuk dapat menentukan hak dan kewajibannya dalam beragama. Dengan adanya komodifikasi ini banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis dalam proses produktifitasnya dan meningkatkan daya jual. Penawaran yang dilakukan oleh Shopee Barokah terlihat jelas merupakan penerapan dari prinsip ekonomi. Dalam proses produksi, distribusi dan juga konsumsi, Shopee Barokah memaksimalkan dan mengeksploitasi keunggulan Sumber Daya Manusia yang dimilikinya. Shopee Barokah membenturkan nilai agama yang semula sakral dengan kapitalisme yang merupakan bagian dari bisnis media. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi teoritik terhadap pengembangan teori ekonomi politik media, hal tersebut dibuktikan dengan terbangunnya argument bahwa iklan Shopee Barokah memiliki pengaruh terhadap daya beli masyarakat dan juga perubahan dari nilai agama yang semula bukan komoditas menjadi komoditas Kata kunci: Komodifikasi, Agama, Iklan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdri Siti Nur Tifani
Date Deposited: 05 Dec 2022 01:12
Last Modified: 05 Dec 2022 01:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17017

Actions (login required)

View Item View Item