IMPLEMENTASI METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DALAM PEMBELAJARAN AL QUR'AN DI TK DARUL QUR'AN KARANG TENGAH BATURADEN

Iin, Nurcahyowati (2022) IMPLEMENTASI METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DALAM PEMBELAJARAN AL QUR'AN DI TK DARUL QUR'AN KARANG TENGAH BATURADEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Iin_nurcahyowati_Implementasi_Metode_Kauny_Quantum_Memory_Dalam_Pembelajaran_Al_Qur'an_di_TK_Darul_Qur'an_Karang_Tengah_Baturraden[1].pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Al Qur’an merupakan hal yang bersifat keharusan yang wajib dikerjakan bagi setiap umat islam, dikarenakan berkaitan langsung dengan ibadah seperti shalat, doa dan ibadah lainnya. Dalam hal mempelajari Al Qur’an di perlukan metode yang menunjang untuk proses pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan lancar. Metode yang digunakan dalam pembelajaran Al Qur’an pada anak usia dini melalui metode kauny quantum memory, merupakan upaya yang dilakukan guru untuk membuat siswa mau mempelajari Al Qur’an, dengan membaca, menulis, serta menghafal ayat-ayat Al Qur’an, karena metode ini merupakan metode yang digunakan untuk mengingat dengan mudah.Jenis penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif yang mana dalam mengumpulkan datanya langsung dating ke lokasi penelitian. Lokasi yang diambil yaitu di TK Darul Qur’an Karang Tengah Baturraden. Adapun pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digali yaitu kepala sekolah, guru yang mengajar pembelajaran Al Qur’an. Hasil penelitian tersebut dapat dijabarkan bahwa pembelajaran Al Qur’an dengan menggunakan metode kauny quantum memory memudahkan setiap anak-anak terutama AUD. Selain metode ini menyenangkan juga membuat anak untuk mempermudah dalam hal ingatan. Di TK Darul Qur’an sudah menggunakan metode ini sejak awal berdiri sampai sekarang. Menurut peneliti di TK tersebut telah terbukti dengan adanya beberapa sekian siswa yang mampu memahami pembelajaran Al Qur’an serta mampu mengingat hal yang berkaitan dengan Pembelajaran Al Qur’an. Kata Kunci : Pembelajaran Al-Qur’an, Anak Usia Dini, Metode Kauny Quantum Memory.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al Qur'an, Anak Usia Dini, Metode Kauny Quantum Memory
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Iin Nur Cahyowati
Date Deposited: 03 Dec 2022 01:52
Last Modified: 03 Dec 2022 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17016

Actions (login required)

View Item View Item