PERILAKU PRODUKTIF REMAJA MUSLIM DALAM BUKU MUSLIM PRODUKTIF KARYA MOHAMMED FARIS TERJEMAH KUSNANDAR

Iftitah, Riyani Tsalis (2022) PERILAKU PRODUKTIF REMAJA MUSLIM DALAM BUKU MUSLIM PRODUKTIF KARYA MOHAMMED FARIS TERJEMAH KUSNANDAR. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saefuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Iftitah Riyani Tsalis_Perilaku Produktif Remaja Muslim Dalam Buku Muslim Produktif Karya Mohammed Faris Terjemah Kusnandar.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perilaku Produktif remaja muslim merupakan perilaku yang menunjukkan sikap dan mental remaja muslim yang kreatif, sehingga dapat mendorong seseorang yang dalam penelitian ini khususnya remaja muslim, untuk semangat mencoba dan pantang menyerah dalam meraih hal-hal yang bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku remaja muslim yang produktif dalam dalam buku Muslim Produktif karya Mohammed Faris. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi (content analysis) untuk menelaah perilaku produktif bagi remaja muslim yang terdapat dalam buku Muslim Produktif karya Mohammed Faris. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini yakni dengan menggali data dari sumber primer, yaitu buku “Muslim Produktif” karya Mohammed Faris serta sumber sekunder, yaitu buku “Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan” karya Elizabeth B. Hurlock, dan buku “Psikologi Perkembangan”, karya Desmita, serta dokumen lain yang ada kaitannya dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah dalam buku Muslim Produktif terdapat perilaku produktif remaja muslim yakni: pertama perilaku produktif remaja muslim secara fisik, yakni perilaku produktif yang dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik dengan tujuan memperoleh kebugaran jasmani. Kedua, perilaku produktif remaja muslim secara sosial yakni perilaku produktif yang dilakukan dengan melakukan hubungan baik dengan sesama manusia. Ketiga, perilaku produktif remaja muslim secara moral yakni perilaku produktif yang dilakukan dengan memilihara dan menjaga nilai-nilai yang terdapat dalam diri remaja muslim itu sendiri. Keempat, perilaku produktif remaja muslim secara agama yakni perilaku produktif remaja muslim yang dilakukan dengan menjaga hubungan antara pribadi dengan Allah. Kata kunci: Perilaku Produktif, Remaja Muslim, Buku Muslim Produktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Produktif, Remaja Muslim, Buku Muslim Produktif
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Iftitah Riyani Tsalis
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:11
Last Modified: 30 Nov 2022 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16973

Actions (login required)

View Item View Item