PERAN GURU DALAM PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK DI KB RUMAH KREATIF WADAS KELIR PURWOKERTO

oktavia, wardhani (2022) PERAN GURU DALAM PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK DI KB RUMAH KREATIF WADAS KELIR PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
OKTAVIA WARDHANI_Peran Guru dalam Penanaman Karakter Tanggung Jawab Anak di KB Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peran guru merupakan tugas seorang guru, dimana guru adalah orang yang menjadi sosok panutan bagi siswa dan siswinya. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam penanaman karakter tanggung jawab pada anak di KB Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dimana peneliti terjun langsung dilapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait penelitian yang dilakukan. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber informasi (subject) penelitian adalah kepala sekolah, guru pendamping, dan anak di KB Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah penanaman karakter tanggung jawab anak yang dilakukan guru dalam pembelajaran dikelas maupun luar kelas. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, menunjukan bahwa peran guru dalam penanaman karakter tanggung jawab anak di KB Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto pelaksanaannya melalui tujuh peran diantaranya yaitu, peran guru sebagai pendidik, pembimbing, teladan dan panutan, komunikator, pengarah, motivator, serta evaluator. Dengan hasil yang didapat dalam penanaman karakter tanggung jawab yaitu menerapkan berangkat tepat waktu, dimana anak berangkat dengan peraturan yang sudah ditetapkan, yaitu pada puku 07.00, menerapkan kerapihan, menerapkan kebersihan, melatih budaya mengantri, menerapkan budaya meminjam dan mengembalikan buku tepat waktu, dan mengerjakan tugas yang telah diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Penanaman Karakter, Karakter Tanggung Jawab, Anak
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Oktavia Wardhani sdri
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:28
Last Modified: 28 Nov 2022 01:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16952

Actions (login required)

View Item View Item