KUALITAS JASA PADA BISNIS PERBANKAN SYARIAH BERDASARKAN MODEL CARTER DI KABUPATEN BANYUMAS

Fuad Bayu Irawan, 072323014 (2013) KUALITAS JASA PADA BISNIS PERBANKAN SYARIAH BERDASARKAN MODEL CARTER DI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
FUAD BAYU IRAWAN_KUALITAS JASA PADA BISNIS PERBANKAN SYARIAH BERDASARKAN MODEL CARTER DI KABUPATEN BMS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perbankan syariah memiliki karakteristik yang mirip dengan perbankan konvensional. Perbedaan yang mendasar antara bank syariah dengan bank konvensional adalah terletak pada praktek menjalankan operasional bisnisnya. Dimana operasionalnya berbasis prinsip syariah, dan prinsip inilah yang menjadi daya tarik yang tinggi bagi pelanggan untuk memanfaatkan jasa bank syariah. Pada era global sekarang ini salah satu tantangan yang dihadapi dunia perbankan kedepannya adalah kualitas layanan jasa yang diberikan. Kualitas layanan jasa merupakan faktor kunci yang akan menjadi keunggulan daya saing di dunia perbankan. Penelitian ini diawali dengan mencari persepsi nasabah mengenai kriteri- kriteria yang dapat mempengaruhi nasabah untuk melakukan transaksi dengan bank syariah serta mengidentifikasi penilaian nasabah terhadap layanan dan kinerja bank syariah berdasarkan adaptasi model CARTER. Penelitian dilakukan pada seluruh perbankan syariah di Kabupaten Banyumas dengan jumlah responden 340 nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria yang mempengaruhi nasabah dalam melakukan transaksi di bank syariah, mengetahui tingkat kepuasan nasabah perbankan syariah berdasarkan model CARTER serta untuk mengetahui besarnya pengaruh faktorfaktor kualitas jasa dengan model CARTER terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini metode analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS for Windows Release 16.00. Penelitian ini telah berhasil mengambil beberapa kesimpulan. Pertama, uji koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa sekitar 6,9% dari variasi dalam variabel independen yaitu compliance, assurance, reliability, tangibility, empathy, dan responsiveness dapat dijelaskan oleh variabel dependen yaitu kepuasan nasabah bank syariah. Adapun sisanya 93,1% (100% - 6,9%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan kedalam model CARTER atau diluar model CARTER. Kedua, uji statistik F menunjukkan bahwa variabel compliance, assurance, reliability, tangibility, empathy, dan responsiveness secara bersamasama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah bank syariah di Kabupaten Banyumas. Ketiga, Uji Statistik t menunjukan bahwa variabel compliance secara individual dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah bank syariah di Kabupaten Banyumas. Keempat, analisis regresi linier berganda menunjukan Y = 8,921 + 0,150X1 - 0,024X2 + 0,030X3 - 0,022X4 + 0,010X5 + 0,080X6 + e.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas jasa, Kepuasan nasabah, Model CARTER.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Nov 2016 07:59
Last Modified: 24 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item View Item