IMPLEMENTASI KETERAMPILAN CREATIVE, CRITICAL THINKING, COMMUNICATIVE, COLLABORATIVE (4C) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 1 PURWOKERTO

Bening, Arum Amalia (2022) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN CREATIVE, CRITICAL THINKING, COMMUNICATIVE, COLLABORATIVE (4C) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bening Arum Amalia_Implementasi Keterampilan Creative, Critical Thinking, Communicative, Collaborative (4C) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada abad 21 ini, setiap orang dituntut untuk menguasai keterampilan abad 21 berupa keterampilan 4C yaitu keterampilan Communicative, Collaborative, Critical thinking, dan Creative. Berdasarkan observasi awal di SMK Negeri 1 Purwokerto diperoleh bahwa guru PAI sudah menerapkan strategi 4C untuk menyiapkan peserta didik agar mampu bersaing di masyarakat luas karena dirasa peserta didik sekarang harus mempunyai skill tersebut untuk menghadapi abad 21 ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi keterampilan Creative, Critical Thinking, Communicative, Collaborative (4C) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Purwokerto. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif jenis deskripstif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data di analisis dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penyajian kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa implementasi keterampilan Communicative, Collaborative, Critical thinking, dan Creative (4C) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Purwokerto dalam perencanaan pembelajaran melalui RPP, dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dibuat oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam menerapkan keterampilan 4C menggunakan model active learning dan juga cooperative learning dengan metode diskusi dan presentasi. Penilaian yang dilakukan meliputi 3 aspek yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kata Kunci: Communicative, Collaborative, Critical Thinking, Creative, PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Communicative, Collaborative, Critical Thinking, Creative, PAI.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bening Arum Amalia
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:19
Last Modified: 28 Nov 2022 06:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16947

Actions (login required)

View Item View Item