METODE PEMBELAJARAN BIDANG PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI TAMANKANAK-KANAK PERTIWI LEMBERANG KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMASTAHUN PELAJARAN 2014/2015

UMI RODINA, NIM. 1123304003 (2014) METODE PEMBELAJARAN BIDANG PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI TAMANKANAK-KANAK PERTIWI LEMBERANG KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMASTAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
UMI RODINA_METODE PEMBELAJARAN BIDANG PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI TAMANKANAK-KANAK PERTIWI LEMBERANG KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMASTAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

Umi Rodina, metode pembelajaran bidang pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral di TK Pertiwi Lemberang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas tahun pembelajaran 2014/2015. STAIN Purwokerto 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang metode pembelajaran bidang pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral di TK Pertiwi Lemberang berkaitan dengan bagaimana metode pembelajaran Nilai-nilai Agama dan Moral yang dilakukan guru Nilai-nilai Agama dan Moral. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil latar TK Pertiwi Lemberang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode berfikir induktif dan tahapan reduksi, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Nilai-nilai Agama dan Moral menggunakan metode-metode yang bervariatif. Metode-metode yang digunakan adalah metode demonstrasi, bercerita melalui lagu, bercerita melalui gambar, hafalan dan bercakap-cakap. Langkah-langkah metode demonstrasi yaitu guru menjelaskan, mengerjakan dan menunjukan. Untuk langkah-langkah metode bercerita melalui lagu ialah guru menyiapkan lagu yang berkaitan dengan materi kemudian guru menyanyikan lagu tersebut dan guru menyuruh peserta didik menyanyi lagu bersama-sama dengan bimbingan guru. Langkah-langkah metode bercerita dengan gambar. Guru menyiapkan alat peraga berupa gambar yang berkaitan dengan materi dan guru menjelaskan dengan gambar tersebut. Langkahlangkah metode hafalan adalah guru membacakan ayat pertama secara berulangulang sehingga peserta didik hafal. Kemudian ayat berikutnya sampai peserta didik hafal. Untuk langkah-langkah metode bercakap-cakap yaitu guru mulai bercakapcakap dengan peserta didik dengan mengajukan pertanyaan yang dapat merangsang anak untuk bercakap-cakap anak mulai bercakap-cakap dengan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, langkah-langkah metode pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 24 Nov 2016 07:46
Last Modified: 24 Nov 2016 07:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1694

Actions (login required)

View Item View Item