STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BANYUMAS TV DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN DIMASA PANDEMI

LILI, KHOERIYAH (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BANYUMAS TV DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN DIMASA PANDEMI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LILI KHOERIYAH_STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BANYUMAS TV DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN DIMASA PANDEMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Era globalisasi yang telah menuntut adanya perubahan paradigma lama dalam segala bidang, salah satunya di bidang pemasaran. Sampai saat ini, iklan masih dianggap pilihan yang menarik sebagai sarana mempromosikan produk karena dapat menjangkau masyarakat. Adapun media iklan yang menjadi salah satu elemen penting dalam melakukan pemasaran produk barang maupun jasa. Televisi merupakan salah satu media yang dapat menampung penyiaran iklan. Kegiatan dalam televisi dapat berjalan karena adanya dukungan dari pengiklan. Karena, pemasukan dana dalam televisi dihasilkan dari bayaran para pengiklan yang memasang iklan produk, jasa atau yang menjalin kerjasama sesuai dengan bentuk yang disepakati pada stasiun televisi tersebut. Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia menjadi sebuah tantangan yang menyebabkan terhambatnya operasionalitas dari suatu lembaga, salah satunya dalam mencari pengiklan. Stasiun televisi lokal harus meningkatkan strategi komunikasi pemasaran terhadap jasa yang mereka tawarkan kepada pengiklan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Banyuamas TV dalam mendapatkan iklan dimasa pandemi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian lapangan pendekatan deskipif kualiaif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan teknik observasi kemudian wawancara mendalam serta dokumentasi. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan teori komunikasi dan pemasaran, strategi komunikasi dalam mendapakan iklan yang digunakan banyumas TV yang pertama dalam memilih komunikator yang berpengalaman, bertanggung jawab, memiliki kredibilitas dalam bidang pendidikan dan memiliki kemampuan problem solving. Kedua, strategi pemilihan pesan dengan menyebarkan proposal ke instansi secara langsung, mengadakan promo-promo, mengadakan lomba-lomba. Ketiga, strategi pemilihan media komunikasi Banyumas TV yaitu mengandalkan media lama dan media baru. Keempat, strategi pemilihan komunikan Banyumas TV menetapkan komunikannya berdasarkan segmentasi. Kelima, efek dari strategi komunikasi Banyumas TV yaitu pengguna jasa merasa puas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi, pemasaran, iklan, pandemi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
300 Social sciences > 350 Public administration
600 Technology (Applied sciences) > 604 Special topics
600 Technology (Applied sciences) > 606 Organizations
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lili khoeriyah sdri
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:19
Last Modified: 17 Nov 2022 07:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16922

Actions (login required)

View Item View Item