Implementasi Metode, Media, dan Penilaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Blended Learning di SD Negeri Menganti Banyumas

Oki, Witasari (2022) Implementasi Metode, Media, dan Penilaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Blended Learning di SD Negeri Menganti Banyumas. Masters thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
OKI WITASARI_201766015 (1).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Adanya wabah pandemi sangat berdampak pada lembaga pendidikan. Seorang guru dituntut untuk menguasai tekhnologi yang nantinya akan digunakan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran saat ini sangat dibatasi sehingga diadakan pembelajaran berbasis blended learning yang sangat efektif diterapkan pada masa sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menggambarkan implementasi metode, media, dan penilaian pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis blended learning di SD Negeri Menganti Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research. Sedangkan metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Menganti Banyumas. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Sd Negeri Menganti Banyumas, dengan objek penelitian Implementasi metode, media, dan penilaian pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti berbasis blended learning di SD Negeri Menganti banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, verifikasi dan keabsahan data.Pemeriksaan keabsahan data yang dipakai meliputi triangulasi teknik, triangulasi data,dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa SD Negeri Menganti Banyumas sudah menggunakan blended learning pada pelajaran Pendidikan agama islam dan budi pekerti. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode diskusi, metode simulasi. Adapun media yang digunakan meliputi audio visual yang berupa youtube, whatssapp, power point, gambar, google meet, zoom. Penilaian yang digunakan adalah penilaian kompetensi sikap (psikomotorik), penilaian kompetensi pengetahuan (kognitif), dan penilaian kompetensi keterampilan afektif. Implementasi metode, media, penilaian pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis blended learning di SD Negeri Menganti Banyumas memberikan dampak positif dalam proses dan hasil pembelajaran pada kelas V, diantaranya adalah nilai peserta didik meningkat setelah diterapkannya pembelajaran berbasis blended learning . Dengan demikian maka minat dan antusias peserta didik dalam belajar mengalami peningkatan yang cukup baik. Kata kunci: Implementasi, Metode, Media, Penilaian Pembelajaran, Blended Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode, Media, Penilaian Pembelajaran, Blended Learning
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: OKI WITASARI sdri
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:59
Last Modified: 16 Nov 2022 06:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16915

Actions (login required)

View Item View Item