PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KLS 3 SMT 1 PADA KOMPETENSI DASAR MEMBACA NYARING TEKS (20-25 KALIMAT) DENGAN LAFAL DAN INTONASI YANG TEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MI MA’ARIF NU BENTUL KEC KEBASEN KAB BMS TH PEL 2014-2015

TOAMAH, 133911562 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KLS 3 SMT 1 PADA KOMPETENSI DASAR MEMBACA NYARING TEKS (20-25 KALIMAT) DENGAN LAFAL DAN INTONASI YANG TEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MI MA’ARIF NU BENTUL KEC KEBASEN KAB BMS TH PEL 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
TOAMAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KLS 3 SMT 1 PADA KOMPETENSI DASAR MEMBACA NYARING TEKS (20-25 KALIMAT) DENGAN LAFAL DAN INTONASI YANG TEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMON DI MI MA’ARIF NU BENTUL KEBASEN BMS TH PEL 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik di kelas III. Kajiannya dilatarbelakangi karena sebagian besar peserta didik di kelas III MI Ma’arif NU Bentul masih banyak yang mendapatkan nilai di bawah KKM pada mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada keterampilan membaca. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah dengan menerapkan metode demonstrasi pada pembelajaran bahasa Indonesia kompetensi dasar membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas III semester 1 MI Ma’arif NU Bentul pada tahun pelajaran 2014/2015 ? Tempat penelitian ini adalah MI Ma’arif NU Bentul Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas dimana peneliti bertugas dan mengajar di madrasah ini. Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas III semester 1 MI Ma’arif NU Bentul Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas pada mata pelajaran bahasa Indonesia kompetensi dasar membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang menggunakan siklus. Model penelitian ini terdiri atas 4 (empat) langkah, yaitu : rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia yang dilaksanakan di kelas III MI Ma’arif NU Bentul dengan menggunakan metode demonstrasi ternyata dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas tersebut. Hal ini terbukti dengan peningkatan hasil belajar mulai dari siklus pertama sampai pada siklus kedua. Hal ini terbukti nilai terendah pra siklus 30, siklus I nilainya 40, sedangkan siklus II nilainya 50. Nilai tertinggi di pra siklus, siklus I, dan siklus II adalah 100. Pembelajaran pada pra siklus taraf serapnya mencapai 40,91 % yang tuntas atau 9 peserta didik sedangkan yang belum tuntas ada 59,09 % atau 13 peserta didik. Pada pembelajaran bahasa Indonesia siklus pertama taraf serapnya mencapai 68,18 % atau 15 peserta didik yang tuntas sedangkan yang belum tuntas 31,82 % atau 7 peserta didik. Begitu pula dengan pembelajaran bahasa Indonesia siklus kedua taraf serapnya mencapai 90,91 % atau 22 peserta didik yang telah tuntas sedangkan 9,09 % atau 2 peserta didik belum tuntas. Namun demikian, karena indikator dalam penelitian tindakan Kelas III ini adalah 90 % sedangkan pada siklus ke II taraf serapnya sudah mencapai 90,91 % sehingga pembelajaran bahasa Indonesia siklus kedua ini akan berhenti karena sudah melebihi indikator pencapaian hasil belajar yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Mata Pelajaran bahasa Indonesia, Metode Demonstrasi.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Nov 2016 07:01
Last Modified: 24 Nov 2016 07:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1690

Actions (login required)

View Item View Item