PERAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP N 5 PURBALINGGA

Eva, Triani (2022) PERAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP N 5 PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BISMILLAH SKRIPSI EVA TRIANI 1817402184.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kompetensi profesional wajib dimiliki oleh setiap guru PAI karena apabila guru tidak profesional di dalam mengajar maka akan membawa dampak bagi siswa salah satunya hasil belajar siswa tidak maksimal. Setiap guru perlu memiliki kompetensi profesional agar pembelajran dapat dilaksanakan dengan baik dan membawa hasil yang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kompetensi profesional guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 5 Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi profesional guru PAI di SMP N 5 Purbalingga mampu memberikan dorongan terhadap hasil belajar siswa. Diantara potensi atau data diri guru PAI yaitu menempuh pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi sesuai kualifikasi akademik minimal S-1, mengikuti program sertifikasi guru, mengikuti diklat dan pelatihan guru, gerakan guru membaca, melalui organisasi KKG (kelompok kerja guru), dan produktif menghasilkan karya-karya dibidang pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik bisa memahami materi yang sedang diajarkan, guru mengembangkan kecerdasan emosional dengan berdoa sebelum sebelum pembelajaran dan pengkondisian siswa belajar dengan aktif dan nyaman, peserta didik memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, peserta didik mampu menjawab pertanyaan ketika guru bertanya, guru mengembangkan kretivitas dalam pembelajaran dengan memotivasi peserta didik untuk belajar, mendisiplinkan peserta didik dengan menjadi teladan dan membuat peraturan yang jelas dan tegas, membangkitkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode dan media yang bervariasi serta bersemangat dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Profesional, Pendidikan Agama Islam, Hasil belajar
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eva Triani sdri
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:03
Last Modified: 08 Nov 2022 02:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16896

Actions (login required)

View Item View Item