PENINGKATAN HASIL BELAJAR B INDONESIA SUB POKOK MEMBACA LANCAR MELALUI METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS (SAS) DI KELAS II MI MA’ARIF NU 1 CIPETEKEC CILONGOK KAB BMS TH PEL 2014-2015

SITI KHOTIJSH, 102335103 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR B INDONESIA SUB POKOK MEMBACA LANCAR MELALUI METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS (SAS) DI KELAS II MI MA’ARIF NU 1 CIPETEKEC CILONGOK KAB BMS TH PEL 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SITI KHOTIJAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR B INDONESIA SUB POKOK MEMBACA LANCAR MELALUI METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS (SAS) DI KELAS II MI MA’ARIF NU 1 CIPETEKEC CILONGOK KAB BMS TH PEL 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya fakta bahwa setiap keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia erat sekali hubungannya dengan proses berfikir yang mendasari bahasa, oleh karena bahasa seseorang akan dapat mencerminkan pikirannya, semakin terampil seseorang dalam berbahasa maka semakin cerah dan jelas pula jalan pikirannya. Keterampilan membaca merupakan salah satu dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Dalam penelitian ini sebagian besar siswa kelas II MI Ma’arif NU I Cipete Kecamatan Cilongok pada awal memasuki bangku kelas II umumnya belum dapat membaca dengan lancar. Hal tersebut dipengarhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor yang berasal dari dalam diri siswa seperti: kecerdasan, minat, cara belajar dan lain-lain, maupun faktor yang berasal dari luar diri siswa seperti: lingkungan, fasilitas belajar maupun metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskriptif peningkatan proses belajar membaca lancar pada siswa kelas II setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode Struktur Analisis Sintesis (SAS) dan dengan menggunakan metode SAS ini dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar membaca lancar pada siswa kelas II. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kolaboratif dengan teknik analisis deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan metode Struktur Analisis Sintesis (SAS). Hasil dari penelitian ini adalah dengan metode Struktur Analisis Sintesis (SAS) yang dilakukan maka, hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus I, siswa yang sudah tuntas belajar mengalami sedikit peningkatan, ada 14 siswa atau 56%. Sedangkan pada siklus II juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu ketuntasan belajar dari 14 siswa menjadi 23 siswa atau 92% dari keseluruhan siswa. Hal ini berarti penggunaan metode Struktur Analisis Sintesis (SAS) dapat meningkatkan hasil belajar membaca lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca lancar, Metode Struktur Analisis Sintesis (SAS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Nov 2016 06:49
Last Modified: 24 Nov 2016 06:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item View Item