BIOGRAFI KH. ABDULLAH ISA DAN PERANNYA TERHADAP MASYARAKAT DI DESA TAMANSARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS (1851-1955 M)

Ikhsanudin, Ikhsanudin (2022) BIOGRAFI KH. ABDULLAH ISA DAN PERANNYA TERHADAP MASYARAKAT DI DESA TAMANSARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS (1851-1955 M). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ikhsanudin1522503015 skripsi.pdf

Download (834kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai biografi KH. Abdullah Isa dan perannya terhadap masyarakat di Desa Tamansari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas (1851-1955) M. Penelitian ini mengkaji biografi dan berbagai peran yang dilakukan oleh KH. Abdullah Isa dengan tujuan agar dapar dijadikan teladan yang baik bagi gnerasi saat ini. Hal ini didasari atas sumbangsih yang dilakukan KH. Abdullah Isa dalam berdakwah melalui Masjid dan nerperan dalam bidang tersebut. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kualitatif dimana data diambil melalui proses observasi, wawancara dan penganalisaan data mengenai berbagai peran yang dilakukan KH. Abdullah Isa. Berbagai pisau analisis yang digunakan beragam oleh karena peneliti ingin mengharapkan hasil yang kemprehensif, sebagai kajian tokoh maka yang pertama digunakan adalah teori yang berhubungan dengan peran, serta ditambah dengan pendekatan-pendekatan seperti p[endekatan historis serta pendekatan sosiologi agama. Hasil yang peneliti dapatkan dari penelitian ini bahwa KH. Abdullah Isa merupakan tokoh mashur di kawasan Banyumas khususnya kecamatan Karanglewas yang kehidupannya dicurahkan untuk kepentingan masyarakat khususnya dalam bidang agama. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan yang ia lakukan salah satunya adalah mendirikan masjid sebagai pusat pengajaran Islam di Desa Tamansari. Dalam hal sosial kemasyarakatan ia aktif dalam berbagai kegiatan sosial. KH. Abdullah Isa adalah sosok yang di hormati dan disegani oleh masyarakat mengingat kedermawanan dan kewibawaan serta kedalaman ilmu agama yang ia pumya. Karena berbagai peran yang dilakukan KH. Abdullah Isa semakin menambah nilai positif didalam masyarakat itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Abdulloh Isa, MAsjid Batu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Tamansari
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 31 Oct 2022 01:52
Last Modified: 31 Oct 2022 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16878

Actions (login required)

View Item View Item