EVALUASI AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI PURWOKERTO

ZAKIATUN MA’RUFAH, NIM. 1223302053 (2016) EVALUASI AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ZAKIATUN MA’RUFAH_EVALUASI AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI PURWOKERTO.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan evaluasi autentik yang dilakukan Guru di MTs Negeri Purwokerto yang terdiri dari berbagai aspek penilaian.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan Evaluasi Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri Purwokerto yang meliputi tahap perencanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab, pelaksanaan evaluasi dan evaluasi hasil pembelajaran bahasa Arab. Karena kerumitan dari evaluasi autentik pada kurikulum 2013 ini sehingga peneliti tertarik untuk lebih dalam mengetahui bagaimana pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode berfikir induktif. Untuk menganalisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Adapun proses pengumpulan datanya penulis menggunakan beberapa metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion drawing). Pelaksanaan Evaluasi Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri Purwokerto, berisi 3 tahapan , yaitu pertamatahap perencanaan evaluasi yang meliputi rumusan tujuan evaluasi, mengukur alat-alat ukur yang akan digunakan dalam penilaian, menentukan tolak ukur atau kriteria yang akan dijadikan sebagai pegangan. kedua tahap pelaksanaan evaluasi, yang meliputi bahan evaluasi yang terdiri dari beberapa aspek kemahiran serta cakupannya yang dievaluasi, kemudian teknik-teknik yang digunakan dalam penilaian, serta instrumen yang digunakan.Ketigatahap evaluasi hasil pembelajaran yang meliputi jenis penilaian yang digunakan, KKM, serta teknik-teknik untuk mengukur kemampuan peserta didik. Dari hasil penelitian Evaluasi Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri Purwokerto, penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan evaluasi autentik pembelajaran bahasa Arab di sekolah tersebut telah dilakuan dengan cukup baik. Meskipun masih terdapat berbagai macam kekurangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 24 Nov 2016 06:16
Last Modified: 24 Nov 2016 06:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1687

Actions (login required)

View Item View Item