UPAYA GURU MENGATASI KENDALA PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PENARUBAN PURBALINGGA

FETI, DWI NURLITA (2022) UPAYA GURU MENGATASI KENDALA PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PENARUBAN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FETI DWI NURLITA_UPAYA GURU MENGATASI KENDALA PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PENARUBAN PURBALINGGA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pandemi COVID-19 merupakan virus yang penularannya sangat cepat, penularan tersebut bisa berasal dari udara dan sentuhan. Sehingga, pemerintah mengambil langkah lockdown untuk meminimalisir terjadinya penularan. Pemerintah menerapkan kebijakan wajib Work From Home (WFH). MI Muhammadiyah Penaruban Purbalingga merupakan salah satu sekolah yang terkena dampak dari adanya pandemi COVID-19 ini. Sehingga pihak sekolah mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Adanya pembelajaran daring selama kurang lebih 2 tahun ini menyebabkan kesulitan belajar siswa. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah, bagaimana proses pelaksanaan kelas daring (online) selama masa pandemi COVID-19 pada pembelajaran tematik kelas V di MI Muhammadiyah Penaruban, Purbalingga, apa saja kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam melakukan pembelajaran tematik secara daring, apa dampak yang terjadi di MI Muhammadiyah Penaruban pada saat pandemi COVID-19 khususnya pada bidang prestasi siswa baik akademik maupun non akademik, bagaimana upaya guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi pada pembelajaran tematik kelas V melalui daring di MI Muhammadiyah Penaruban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran tematik kelas V di MIM Penaruban Purbalingga, kendala yang dihadapi guru dan siswa selama pembelajaran online, dan mengetahui bagaimana upaya guru mengatasi pembelajaran daring dalam pembelajaran tematik khususnya di kelas V MI Muhammadiyah Penaruban. Survei ini menggunakan survei deskriptif kualitatif. Data survei ini berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data (Data Collection), reduksi data (Data Reduction), Conclusion Drawing atau Verification, dan penyampaian kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kelas 5 tidak maksimal selama pandemi COVID-19. Hal ini disebabkan oleh kurangnya sarana dan prasarana yang memadai. Dikarenakan sebagian besar orang tua siswa yang bekerja dan alat komunikasi yang menunjang dalam media pembelajaran hanya satu yaitu HP dan harus dibawa bekerja, sehingga siswa cukup kesulitan dalam mengikuti pembelajaran daring. Hal itu mengakibatkan guru mengalami kendala menggunakan media Zoom, Google Meet, dan Youtube sebagai sarana pembelajaran yang efektif. Selain itu jaringan internet terbatas dan kuota yang sering kali habis mendadak. Kata Kunci: Kendala Pembelajaran Daring, Pembelajaran Tematik, Pandemi COVID-19, Upaya Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kendala Pembelajaran Daring, Pembelajaran Tematik, Pandemi COVID-19, Upaya Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FETI DWI NURLITA sdri
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:03
Last Modified: 27 Oct 2022 04:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16858

Actions (login required)

View Item View Item