MANAJEMEN PERPUSTAKAAN PADA PROGRAM PEMBIASAAN LITERASI DI SMP NEGERI 1 KEMANGKON

Astri Eka, Diana (2022) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN PADA PROGRAM PEMBIASAAN LITERASI DI SMP NEGERI 1 KEMANGKON. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Astri Eka Diana_MANAJEMEN PERPUSTAKAAN PADA PROGRAM PEMBIASAAN LITERASI DI SMP NEGERI 1 KEMANGKON.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Astri Eka Diana_MANAJEMEN PERPUSTAKAAN PADA PROGRAM PEMBIASAAN LITERASI DI SMP NEGERI 1 KEMANGKON.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, Pendidikan selalu menjadi bagian yang paling penting. Perpustakaan merupakan bagian penting dari komponen pendidikan yang tidak dapat dipisahkan keberadaanya dari sekolah. Oleh karena itu perpustakaan perlu menata kegiatan untuk mengoptimalkan tujuan Pendidikan di sekolah. Penataan ini disebut manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen perpustakaan pada program pembiasaaan literasi di SMP Negeri 1 Kemangkon. Dan nantinya hasil dari penelitian ini diharapkan berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan, khususnya pada program studi manajemen pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan kepala perpustakaan. Objek penelitian ini adalah manajemen perpustakaan pada program pembiasaan literasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Lalu untuk analisis data tersebut menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan bahwa manajemen perpustakaan pada program pembiasaan literasi di SMP Negeri 1 Kemangkon melalui sejumlah proses yaitu: Proses perencanaan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kemangkon itu sendiri yaitu dengan menunjuk penanggung jawab atas kegiatan perpustakaan, melakukan penganggaran dana, memberi fasilitas, perumusan visi dan misi, perumusan program kerja, pembagian tugas dan wewenang, menganalisis kebutuhan, mendata buku yang rusak atau hilang, menata kembali buku-buku pada raknya, memperbaiki sampul buku yang rusak dan mengganti buku yang hilang, serta membuat soa pembiasaan literasi. Proses pengorganisasian dilakukan dengan membuat struktur organisasi atau struktur kepengurusan kemudian pembagian tugas dan wewenang pegawai perpustakaan eserta lim literasi dan numerasi. Proses pelaksanaan pembiasaan literasi dilakukan seminggu sekali dengan membaca novel atau membuat narasi berdasarkan gambar atau angka. Lalu ditunjang dengan adanya pemberian motivasi dan semangat. Proses pengawasan yang dilakukan kepala perpustakaan adalah kegiatan pengecekkan secara rutin seminggu sekali. Untuk pengawasan yang dilakukan kepala sekolah adalah pengawasan secara regular yaitu secara berjenjang 1 bulan sekali secara langsung dan secara regular, Penganggaran perpustakaan sudah cukup baik, penganggaran perpustakaan Ki Hajar Dewantara SMP Negeri 1 Kemangkon diambil dari dana BOS dan dana komite sekolah. Kata Kunci : Manajemen perpustakaan, Pembiasaan Literasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Perpustakaan, Pembiasaan Literasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Astri Eka Diana
Date Deposited: 22 Oct 2022 02:08
Last Modified: 22 Oct 2022 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16850

Available Versions of this Item

  • MANAJEMEN PERPUSTAKAAN PADA PROGRAM PEMBIASAAN LITERASI DI SMP NEGERI 1 KEMANGKON. (deposited 22 Oct 2022 02:08) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item