TOLERANSI ISTRI DALAM POLIGAMI (STUDI KASUS PADA KELUARGA PELAKU POLIGAMI DI DESA WIRASABA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA)

Kullu, Mutmainah (2022) TOLERANSI ISTRI DALAM POLIGAMI (STUDI KASUS PADA KELUARGA PELAKU POLIGAMI DI DESA WIRASABA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Kullu Mutmainah - Toleransi Istri Dalam Poligami.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Poligami adalah perkawinan antara seorang laki-laki dengan lebih dari satu perempuan pada waktu bersamaan, disebabkan adanya masalah seperti tidak terpenuhinya kebutuhan biologis suami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis toleransi istri mengijinkan suami berpoligami dan apa yang melatarbelakangi toleransi tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara kepada informan yaitu keluarga pelaku poligami, data sekunder diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa istri bertoleransi memberi ijin kepada suami untuk berpoligami karena memiliki kesadaran diri bahwa dirinya sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan biologis suami. Toleransi istri mau dipoligami antara lain dilatarbelakangi oleh nilai-nilai agama, kesadaran diri, suami sanggup menafkahi kedua istri dan anak, suami sanggup berbuat adil kepada kedua istri sesuai kesepakatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pernikahan, Poligami, dan Toleransi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.33 Perceraian
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Kullu Mutmainah sdri
Date Deposited: 22 Oct 2022 01:56
Last Modified: 22 Oct 2022 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16840

Actions (login required)

View Item View Item